5 Wakil Indonesia Lolos Semifinal BWF World Tour Finals 2022, Ini Daftar Lengkapnya

Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengalahkan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) pada laga terakhir Grup A BWF WTF 2022, Jumat (9/12) malam WIB. Foto: Twitter/INABadminton
Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mengalahkan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) pada laga terakhir Grup A BWF WTF 2022, Jumat (9/12) malam WIB. Foto: Twitter/INABadminton

POJOKSATU.ID, BANGKOK – Babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022 sudah rampung, Jumat (9/12) malam WIB. Hasilnya, ada lima wakil Indonesia dari tiga nomor berhasil lolos ke babak semifinal.


Kelima wakil Indonesia yang lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2022 itu adalah ganda putra dan tunggal putra masing-masing dua wakil, serta satu dari ganda campuran.

Dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie (4) yang tergabung di Grup B berhasil finis pertama dan kedua.

Anthony Ginting menyegel status juara Grup B usai mengalahkan jagoan Singapura, Loh Kean Yew pada pertandingan terakhirnya di Nimibutr Arena, Bangkok pada Jumat sore dengan 21-12 dan 23-21.


Ginting menyapu bersih tiga pertandingan penyisihan dan mengumpulkan 3 poin di klasemen akhir Grup B.

BACA JUGA : Hasil Rinov/Pitha vs Gicquel/Delrue : Tikung Duo Prancis Saat Poin Kritis, Wakil Indonesia ke Semifinal BWF WTF 2022

Sementara Jonatan Christie memenangi laga hidup mati melawan unggulan kedua asal Taiwan Chou Tien Chen dengan 21-13, 12-21 dan 21-17.

Dengan demikian Jojo (sapaan karib Jonatan) berhak jadi runner up Grup B.

Selanjutnya di babak semifinal, Ginting dan Jojo akan diundi dengan dua wakil Grup A, Viktor Axelsen (Denmark) dan bintang baru Jepang Kodai Naraoka.

Dua wakil Indonesia di sektor ganda putra juga melenggang ke semifinal.

Unggulan pertama, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto finis sebagai runner up Grup A setelah kalah dari unggulan ketiga asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

BACA JUGA : The Daddies Memang Gacor, Duo Denmark Dipaksa Menyerah Hanya dalam 26 Menit

Pada pertandingan terakhir Grup A, Jumat siang tadi, Fajar/Rian menyerah 21-10, 17-21 dan 19-21.

Sehingga wakil Malaysia itu yang jadi juara Grup A dan Fajar/Rian runner up.

Sementara unggulan kedua, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga finis sebagai runner up Grup B.

Pada laga terakhir Grup B, Jumat malam tadi, Ahsan/Hendra atau The Daddies harus mengakui ketangguhan duo China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Unggulan keempat BWF WTF 2022 itu mengalahkan The Daddies dua set langsung 21-13 dan 21-18 hanya dalam waktu 26 menit.

Meski demikian, Daddies tetap lolos ke semifinal sebagai runner up Grup B, di bawah Liu/Ou yang jadi juara grup.

BACA JUGA : 12 Fakta Kroasia vs Brasil Jelang Duel Perempat Final Piala Dunia 2022 : Ada Karma Selecao

Kabar baik juga datang dari sektor ganda campuran. Satu-satunya wakil Indonesia di nomor ini, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil melenggang ke semifinal.

Rinov/Pitha memastikan status runner up Grup A usai menang dramatis atas wakil Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Dalam pertandingan berdurasi 66 menit, Rinov/Pitha menang rubber game 14-21, 21-17 dan 24-22.

Dua wakil Indonesia lainnya, masing-masing di sektor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti terhenti di babak penyisihan grup.

Jorji (sapaan karib Gregoria Mariska Tunjung) gagal ke semifinal setelah kalah dari jagoan Jepang Akane Yamaguchi, Jumat siang tadi.

Bertanding dalam kondisi cedera pada poin-poin kritis, Jorji akhirnya menyerah rubber game dengan skor 15-21, 21-13 dan 18-21.

Jorji pun hanya mampu finis keempat di klasemen akhir Grup A, meski pada hari pertama sempat membuat kejutan dengan menaklukkan unggulan pertama BWF WTF 2022, Chen Yu fei dari China.

Sementara Apriyani/Siti Fadia hanya menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup B. Kalah bersaing dari dua pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Zhang Shu Xian/Zheng Yu.

Wakil Indonesia di Semifinal BWF WTF 2022

Tunggal Putra

  • Anthony Sinisuka Ginting
  • Jonatan Christie (4)

Ganda Putra

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1)
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2)

Ganda Campuran

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Itulah daftar wakil Indonesia yang lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2022. Untuk lawannya akan segera diketahui beberapa saat lagi. (medil/pojoksatu)