Bukan Cuma Pecinta Bulu Tangkis Tanah Air, BWF pun Kecewa Indonesia Mundur

Tim Bulu Tangkis Indonesia. Foto: dok.pbsi
Tim Bulu Tangkis Indonesia. Foto: dok.pbsi

“Keputusan menarik diri tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,” tutur Alex Tirta, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.


“Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021,” tambah Alex.

Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky menjelaskan dia sudah menjalin komunikasi dengan para pebulu tangkis dan mereka setuju dengan keputusan ini.

“Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak diskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia,” kata Rionny Mainaky.


Pemerintah Republik Indonesia juga telah menghimbau untuk mengurangi kegiatan ke luar negeri. Apalagi di sejumlah negara Eropa terjadi lonjakan pesat kasus Covid-19.

Sejatinya, Pelatnas Cipayung akan mengirimkan 13 wakilnya ke BWF World Championships 2021.

Nama-nama tersebut ialah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito di sektor tunggal putra.

Lalu ada Gregoria Mariska Tunjung, serta Ruselli Hartawan (tunggal putri).

Untuk ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muh. Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.