Baru Hari Pertama, Victor Axelsen Sudah Pasti Lolos Semifinal BWF World Tour Finals 2021

Tunggal Putra Denmark, Viktor Axelsen.
Tunggal Putra Denmark, Viktor Axelsen.

POJOKSATU.ID, BALI – Hari pertama BWF World Tour Finals 2021, Rabu (1/12/2021) diwarnai sejumlah kejutan. Salah satunya, kepastian Victor Axelsen dan Lakshya Sen lolos ke semifinal.

Kedua tunggal putra ini baru melakoni satu dari tiga laga penyisihan Grup A, tapi mereka sudah pasti melaju ke semifinal.

BACA JUGA: Klasemen BWF WTF 2021: The Minions Peringkat Kedua, Kans ke Semifinal Terbuka Lebar

Pasalnya, dua rival mereka di Grup A, Kento Momota (Jepang) dan Rasmus Gemke (Denmark) mundur dari turnamen ini.

Awalnya, Victor Axelsen bertanding lawan kompatriotnya, Rasmus Gemke di Lapangan 2 Bali Convention Centre, Rabu malam WIB.


Pada skor 5-1, Gemke mengalami cedera lutut dan tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Nasib serupa dialami Kento Momota. Jagoan Jepang itu mundur dari ajang BWF World Tour Finals 2021 seusai mengalami cedera punggung.

Masalah punggung Momota muncul saat menantang wakil India, Lakshya Sen di partai perdana Grup A BWF World Tour Finals 2021.

Ketika laga baru berjalan satu menit, dan kedudukan imbang 1-1, Momota memilih mengundurkan diri.

Tunggal rangking dua dunia itu mengaku cedera punggungnya kembali kambuh pada pertandingan ini.

Sedari pagi, Momota menjelaskan punggungnya sudah terasa sakit, bahkan pada saat pertandingan, dirinya tidak bisa melenting untuk melakukan pukulan.

“Sejak pagi, saya merasakan sakit di bagian punggung belakang. Pada pertandingan ini saya sampai tidak bisa melenting untuk melihat shuttlecock,” ungkap Momota seusai pertandingan.

Pebulu tangkis 27 tahun itu mengaku sedih tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Dirinya meminta maaf kepada para fan yang menanti penampilannya.

“Saya sangat sedih tidak bisa memberikan yang terbaik untuk para fan di turnamen ini,” ungkap Momota.

Setelah mundur dari BWF World Tour Finals 2021, Momota masih punya peluang tampil di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Spanyol pada 12 hingga 19 Desember mendatang.

Dirinya optimistis bisa segera pulih untuk segera tampil di ajang penutup tahun 2021 itu.

Dengan mundurnya, Momota dan Gemke, Axelsen dan Lakshya Sen dipastikan lolos ke semifinal BWF WTF 2021, mewakili Grup A.

Axelsen dan Sen akan bertanding pada hari kedua, Kamis malam ini. Pemenang laga ini akan menyegel status juara grup dan yang kalah jadi runner up.

Kemudian pada hari ketiga, Jumat besok, keduanya ‘istirahat’ dan akan berada dalam kondisi fit untuk laga semifinal, Sabtu (4/12) mendatang. (jpnn/fat/pojoksatu)