29 Positif Covid-19 di PON Papua, Begini Respon Menpora Zainuddin Amali

Menpora Zainudi Amali saat meninjau gelaran PON XX Papua, Rabu (6/10). Foto: Kemenpora
Menpora Zainudi Amali saat meninjau gelaran PON XX Papua, Rabu (6/10). Foto: Kemenpora

“Mereka baru terdeteksi setelah sampai atau saat pulang karena masa inkubasi virus sekitar 7-14 hari,” pungkasnya.


Menpora berharap seluruh kontingen meniru apa yang dilakukan Jawa Timur setelah menyambut para atletnya pulang.

Setelah selesai bertanding di gelaran PON XX Papua, kontingen Jawa Timur terlebih dahulu melakukan lima hari karantina mandiri sebelum kembali ke keluarga mereka masing-masing.

Hal ini bisa menjadi cara untuk mencegah penularan virus yang lebih luas.


“Saya senang melihat KONI Jawa Timur memberlakukan karantina mandiri selama lima hari kepada atlet yang baru turun di PON XX Papua.”

“Saya harap cara ini bisa diikuti semua kontingen yang juga menerapkan hal seperti itu untuk mencegah makin meluasnya penularan,” harap Menpora Amali.

Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua menyebut ada atlet, ofisial dan panitia pelaksana gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang terpapar virus Corona.

Hal itu disampaikan langsung oleh juru bicara Satgas Covid-19 Silwanus Sumule di Jayapura.

Menurut Silwanus, tercatat hingga Selasa (5/9) ada 29 kasus positif Covid-19 di lingkungan PON XX Papua dan baru satu yang sudah dinyatakan sembuh.

Adapun kontingen dan ofisial yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri di antaranya dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat yang tersebar di empat klaster.(kemenpora/jpnn/pojoksatu)