Besok Mulai Cabor Atletik, Bagaimana Peluang Sprinter Indonesia Alvin Tehupeiory?

Sprinter Indonesia, Alvin Tehupeiory. Ft/antara
Sprinter Indonesia, Alvin Tehupeiory. Ft/antara

POJOKSATU.ID, TOKYO – Cabang olahraga atletik Olimpiade Tokyo 2020 mulai dipertandingkan Jumat (30/7/2021) besok. Sprinter putri Indonesia Alvin Tehupeiory akan memulai perjuangannya di nomor 100 meter.


Seperti halnya di kejuaraan multievent, atletik merupakan cabor yang paling banyak menyediakan medali emas (final) yakni 48 dari total 339 emas di Olimpiade Tokyo 2020.

BACA JUGA: Update Klasemen Medali Olimpaide Tokyo: Tiga Negara Ini Mulai Jaga Jarak

Alvin Tehupeiory lebih dulu akan tampil di babak peyisihan dengan berada di lane 7 heat 3 yang dijadwalkan mulai berlomba pukul 07.14 WIB.


Berdasarkan list peserta, Alvin menjadi satu-satunya sprinter dari Asia dari total sembilan nama yang tergabung di heat 3.

Pesaing Alvin mayoritas berasal dari negara-negara Afrika dan Timur Tengah.

Merujuk pada peraturan Olimpiade Tokyo, Alvin setidaknya harus finis di posisi 3 besar untuk mengamankan tiket babak selanjutnya.

Alvin saat ini memiliki personal best 11,64 detik yang ditorehkannya saat berlaga di Kejuaraan Nasional 2019.
Dengan catatan waktu tersebut, sprinter asal Maluku seharusnya bisa lolos dari babak kualifikasi.

Sebab, dari data personal best peserta yang tercantum di situs Olimpiade Tokyo, Alvin berada di urutan kedua terbaik di heat 3.

Sedangkan posisi pertama adalah Joella Lloyd dari Antigua dan Barbuda dengan 11,19 detik. Tak ada target medali dari cabang olahraga atletik.