Raih Perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Ikuti Jejak Kedua Orangtuanya

Rahmat Erwin Abdullah bersama kedua orang tuanya, Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono.
Rahmat Erwin Abdullah bersama kedua orang tuanya, Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono.

Erwin dan Ami sama-sama pernah membela Indonesia di kancah internasional. Erwin Abdullah bahkan sempat meraih medali perak Asian Games 2002, Busan Korea Selatan.


Dan kini, Rahmat bisa dikatakan mampu melampaui pencapaian kedua orang tuanya dengan meraih medali perunggu di kejuaraan olahraga multievent terakbar di dunia itu.

Prestasi Rahmat Erwin Abdullah tentu tidak lepas dari gemblengan kedua orang tuanya.

“Saya mulai berlatih sejak kecil karena saya sangat bangga dengan ayah saya. Awalnya, saya dilatih oleh ibu saya dan itu berlangsung selama hampir satu tahun sampai ayah saya mengambil alih. Ibu saya lebih tenang, ayah saya lebih tegas,” jelas Rahmat.


Berkat gemblengan orang tua dan kerja keras, Rahmat Erwin Abdullah pun bisa berprestasi sejak belia. Ia tercatat telah menjuarai sejumlah kejuaraan tingkat junior.

Pada 2019, Rahmat meraih dua medali emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Pyongyang, Korea Utara. Ia juga berjaya di SEA Games di Filipina.

Tahun lalu, Rahmat kembali merebut medali emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Tashkent, Uzbekistan. Semua prestasi itu diraihnya di nomor 73 kg.

Banjir Bonus Sebelum Bertanding

Rentetan prestasi Rahmat Erwin Abdullah itu membuat namanya memang cukup diunggulkan bisa membawa pulang medali dari Tokyo.

Bahkan, sehari sebelum bertanding, Rahmat sudah kebanjiran bonus.

Ketua KONI Sulsel Ellong Tjandra mengatakan, Asuransi Bosowa mengganjar Erwin dengan hadiah Rp10 juta.

Selain itu Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel menghadiahkan sebuah sepeda motor, dan hadiah lain berupa satu unit rumah dari Bank Sulselbar.

“Ini bentuk apresiasi ketiga lembaga ini untuk spirit dan sebagai penyemangat bagi Erwin yang akan bertanding esok,” kata Ellong di Makassar, Selasa (27/7).(fat/pojoksatu)