Hasil Lengkap MotoGP Jerman 2021: Gelar Pertama Marquez Setelah 581 Hari

Podium MotoGP Jerman 2021: 1. Marc Marquez (Repsol Honda / tengah), 2. Miquel Oliviera (Red Bull KTM / kanan), 3. Fabio Quartararo (Monster Yamaha / kiri). ft/twitter @MotoGP
Podium MotoGP Jerman 2021: 1. Marc Marquez (Repsol Honda / tengah), 2. Miquel Oliviera (Red Bull KTM / kanan), 3. Fabio Quartararo (Monster Yamaha / kiri). ft/twitter @MotoGP

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengakhiri puasa gelarnya, setelah keluar sebagai juara MotoGP Jerman 2021.


Setelah hampir dua tahun atau tepatnya 581 hari tak merasakan jadi kampiun, Marquez akhirnya finis terdepan pada balapan di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

BACA JUGA: Marc Marquez Juara MotoGP Jerman 2021, Sang Raja Kembali!

Tentu saja ini juga jadi gelar pertama Marquez di MotoGP musim 2021, setelah delapan seri berjalan.

Namun secara keseluruhan, Marc Marquez adalah Raja Sachsenring.


Gelar juara MotoGP Jerman 2021 ini membuat dirinya mencatat 11 kemenangan beruntun di Sachsenring di semua kelas). Atau yang kedelapan beruntun di kelas MotoGP.

Marquez pun menjadi pebalap ke-2 yang meraih 8 kemenangan kelas utama berturut-turut di sirkuit yang sama. Rekor untuk kategori ini masih dipegang Giacomo Agostini, dengan 9 kemenangan beruntun di Imatra.

Pada balapan MotoGP Jerman 2021, Aleix Espargaro dan Marc Marquez memulai start dengan sempurna dan berada di posisi 1-2 memasuki tikungan pertama.

Marquez kemudian memimpin memasuki lap kedua setelah menyalip Aleix di tikungan 13.

Sementara Fabio Quartararo mengalami kesulitan pada lap keempat setelah disalip Miguel Oliveira dan berada di posisi keenam.

Marquez mulai menjauh di akhir lap 9 setelah unggul 1 detik atas Aleix. Di lap ini pula Race Direction mengibarkan bendera putih tanda pembalap boleh melakukan pergantian sepeda motor karena hujan mulai turun.

Di lap 10, Jack Miller dan Oliveira sukses menyalip Aleix yang turun ke posisi empat. Oliveira kemudian naik ke posisi dua setelah menyalip Miller pada lap ke-12.

Quartararo juga perlahan memperbaiki performanya. Memasuki lap 10, pembalap Prancis itu sukses melewati Aleix dan Miller untuk berada di posisi ketiga.