Hasil MotoGP Prancis 2021: Diwarnai Pergantian Motor, Jack Miller Juara, Marquez Cium Aspal

Pembalap Ducati Team dari Asutralia, Jack Miller juara MotoGP Prancis 2021, di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB.
Pembalap Ducati Team dari Asutralia, Jack Miller juara MotoGP Prancis 2021, di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB.

POJOKSATU.ID, LE MANS – Pembalap Ducati, Jack Miller keluar sebagai juara MotoGP Prancis 2021. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB, Miller finis terdepan dengan catatan waktu 47 menit 25.473 detik.


Miller mengungguli pembalap Pramac Ducati Johann Zarco dan rider Monster Yamaha Fabio Quartararo.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP Usai MotoGP Spanyol: Bagnaia Gusur Quartararo, Marquez Lebih Baik dari Rossi

Quartararo sebenarnya memulai balapan dari posisi terdepan. Tapi saat start, Jack Miller langsung melesat ke posisi pertama diikuti duo Yamaha, Vinales dan Quartararo.

Di penghujung lap pertama, Vinales berhasil melewati Miller dan memimpin balapan untuk sementara.

Beberapa saat kemudian, race direction mengibarkan bendera putih yang berarti pembalap diperbolehkan untuk melakukan pergantian motor karena hujan yang mulai turun di Sirkuit Le Mans.

Seluruh pembalap masuk ke pit untuk melakukan pergantian motor saat balapan memasuki lap kelima karena kondisi lintasan yang basah karena hujan.

Setelah pergantian motor, Marc Marquez mengambil alih pimpinan lomba. Marquez diikuti Quartararo dan Miller.

Marquez berhasil menjauhi Quartararo yang menempati posisi kedua dengan keunggulan lebih dari 1 detik. Sementara itu, duo Suzuki Joan Mir dan Alex Rins sempat terjatuh di Sirkuit Le Mans.

Nahas bagi Marquez, pembalap Repsol Honda itu terjatuh saat masuk tikungan 14 lap delapan. The Baby Alien mengalami highside yang membuatnya terlempar ke luar sirkuit dan harus rela turun ke peringkat ke-18.

Situasi itu membuat Quartararo melesat ke posisi paling depan. El Diablo mengungguli Miller yang berada di belakangnya karena terkena long lap penalty saat pergantian motor.

Beberapa saat kemudian, Quartararo juga terkena hukuman long lap penalty karena salah masuk paddock ketika bergantian motor. Hukuman ini membuat jarak Quartararo dengan Miller yang berhasil melewatinya semakin melebar hingga lap ke-12.

Sementara itu, pembalap Petronas Yamaha Valentino Rossi berada di posisi kesembilan. Posisi ini sama dengan posisi start Rossi di MotoGP Prancis.

Pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco berhasil melewati Takaaki Nakagami di lap ke-15. Zarco kini berada di posisi ketiga di belakang Miller dan Quartararo dengan 12 lap tersisa.

Ketika balapan MotoGP Prancis menyisakan 11 lap lagi. Posisi pimpinan balapan masih ditempati Miller yang unggul hingga 4 detik atas Quartararo diikuti oleh Zarco di posisi ketiga.

Marc Marquez benar-benar sial di Le Mans. Pebalap Spanyol itu terpaksa mengakhiri balapan lebih cepat setelah terjatuh di tikungan keenam di lap 18.

Sementara di depan, Zarco terus memangkas jarak dengan Quartararo yang menempati posisi kedua. bahkan saat balapan tersisa enam lap, Zarco berhasil melewati Quartararo.

Adapun Pecco Bagnaia berhasil naik ke posisi keempat saat balapan tersisa empat lap.

Bagnaia yang sempat tercecer di papan tengah mampu melewati Alex Marquez untuk berada di belakang Miller, Zarco, dan Quartararo.

Dan hingga balapan berakhir, Miller mampu mempertahankan posisinya dan finis terdepan, disusul Zarco dan Quartararo.

Dengan demikian, Jack Miller memenangkan dua seri beruntun (Seri keempat dan kelima) setelah sebelumnya menjuarai MotoGP Spanyol. (fat/pojoksatu)

Hasil MotoGP Prancis 2021

POS # RIDER GAP
1
43
J. MILLER
47:25.473
2
5
J. ZARCO
+3.970
3
20
F. QUARTARARO
+14.468
4
63
F. BAGNAIA
+16.172
5
9
D. PETRUCCI
+21.430
6
73
A. MARQUEZ
+23.509
7
30
T. NAKAGAMI
+30.164
8
44
P. ESPARGARO
+35.221
9
27
I. LECUONA
+40.432
10
12
M. VIÑALES
+40.577

Loading...