Latihan Bebas Ketiga MotoGP Qatar: Juara Bertahan, Joan Mir Kewalahan

juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp
Juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp

POJOKSATU.ID, QATAR – Juara bertahan MotoGP, Joan Mir harus bekerja ekstra pada seri pembuka MotoGP musim 2021 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar.


Pebalap asal Spanyol itu gagal masuk 10 besar untuk menyegel tiket lolos ke babak utama kualifikasi yang akan digelar beberapa saat lagi.

Pada sesi latihan terakhir atau FP3, Sabtu (27/3/2021) malam WIB, Joan Mir memang finis keenam, tapi akumulasi waktu tiga sesi latihan menunjukkan namanya tidak masuk 10 besar.

FP3 berlangsung dalam suhu panas di Sirkuit Internasional Losail, 10 tempat teratas untuk Grand Prix pertama musim ini tetap tidak berubah dari hari Jumat.


Meskipun Joan Mir, yang mengendarai Suzuki, tercepat keenam pada sesi latihan terakhir, dia tidak dapat meningkatkan waktu terbaiknya dari hari sebelumnya yang membuatnya berada di urutan ke-11.

Joan Mir tampak kesulitan mengatasi masalah setelan sistem kelistrikan motornya.

Hanya 10 pebalap tercepat dalam tiga latihan pertama yang langsung lolos ke babak utama kualifikasi, di mana posisi terdepan diperebutkan.

Mir akan kembali bertarung di babak pertama kualifikasi beberapa saat lagi.

Pembalap Ducati, Jack Miller dari Australia dan Francesco Bagnaia dari Italia, memimpin setelah mendominasi putaran kedua hari Jumat.

Mereka diikuti oleh pembalap Prancis Fabio Quartararo (Yamaha) dan Johann Zarco (Ducati-Pramac), serta kompatriot Mir, Alex Rins (Suzuki).

Adapun 10 besar pebalap yang lolos ke babak utama kualifikasi MotoGP Qatar adalah pembalap Spanyol Maverick Vinales (Yamaha), Franco Morbidelli dari Italia yang tercepat pada hari Sabtu dengan Yamaha-SRT.

Kemudian pembalap Spanyol Aleix Espargaro dari Aprilia, Valentino Rossi dari Italia dengan Yamaha-SRT serta pembalap Spanyol Pol Espargaro, rekrutan baru Honda.

Pembalap Spanyol Marc Marquez (Honda), yang empat gelar berturut-turutnya berakhir setelah ia patah lengan dalam kecelakaan pada balapan pembuka musim lalu, masih absen di Qatar.

Pebalap berjuluk The Baby Alien itu diperkirakan akan absen setidaknya dua seri pembuka MotoGP musim 2021.

Gabungan waktu tercepat dari tiga sesi latihan pertama di MotoGP Qatar:

1. Jack Miller (AUS / Ducati) 1 menit 53.387 detik
2. Francesco Bagnaia (ITA / Ducati) 1: 53.422
3. Fabio Quartararo (FRA / Yamaha) 1: 53.575
4. Johann Zarco (FRA / Ducati-Pramac) 1: 53.586
5. Alex Rins (ESP / Suzuki) 1: 53.623
6. Maverick Vinales (ESP / Yamaha) 1: 53.639
7. Franco Morbidelli (ITA / Yamaha-SRT) 1: 53.676
8. Aleix Espargaro ( ESP / Aprilia) 1: 53.727
9. Valentino Rossi (ITA / Yamaha-SRT) 1: 53.874
10. Pol Espargaro (ESP / Honda) 1: 53.901

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)