Akhirnya Joan Mir Mengaku: Gak Bakal Juara MotoGP 2020 Andai Ada Marquez!

juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp
Juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp

POJOKSATU.id, JAKARTA – Juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir ternyata juga mengakui gelar yang diraihnya tidak lepas dari faktor keberuntungang. Faktor yang dimaksud itu adalah absennya Marc Marquez hampir sepanjang musim lalu.


Joan Mir memang membuat kejutan pada MotoGP 2020 dengan keluar sebagai juara. Pebalap Suzuki Ecstar itu memenangkan persaingan dengan Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha dan rekan setimnya, Alex Rins.

Pebalap asal Spanyol itu pun menjadi orang pertama yang menghentikan dominasi Marc Marquez sebagai juara MotoGP dalam lima tahun terakhir.

Pembalap Suzuki itu menjadi juara dunia di musim yang singkat karena terimbas pandemi virus corona. Selain itu Marquez juga tidak bisa tampil dalam 13 dari 14 seri balap yang diagendakan lantaran cedera di seri perdana.


Ketika Mir menjadi juara ada anggapan yang meremehkan pembalap Spanyol tersebut lantaran ketiadaan Marquez di lintasan.

“Setiap orang bebas berpendapat, tetapi saya yakin kalau Marc ikut, dia yang jadi juara. Dan jika tidak, secara realistis, mungkin persaingan akan sangat ketat,” kata Mir dilansir Sport.

Gelar juara seri yang hanya sekali diraih Mir juga menjadi omongan. Mir pun tak ambil pusing dan bersyukur bisa tampil kompetitif dibanding pembalap-pembalap lain.

“Bagi saya, tahun 2020 begitu indah baik dari di dalam maupun di luar lintasan dan saya menyukainya. Jika kita lihat foto podium, banyak yang mengisinya tetapi saya selalu berada di san adan itu adalah kunci,” ujarny.

Bagi Mir balapan musim lalu menuntut kekuatan mental yang lebih dibanding musim-musim sebelumnya karena terkendala pandemi Covid-19.

“Menjadi juara menjadi terapi terbaik melawan virus corona. Kita tahu banyak yang dikorbankan seperti tidak berlatih di sirkuit tertentu, tidka ke restoran, tidak berjalan-jalan agar tidak bertemu orang yang bisa menularkan virus, tetapi itu demi kebaikan dan demi gelar MotoGP yang tidak ternilai,” tuturnya.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)