Hasil Lengkap MotoGP Valencia: Rival Melempem, Joan Mir Mulus Jadi Juara Dunia

juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp
Juara MotoGP 2020, Joan Mir (Suzuki Ecstar). ft/motogp

POJOKSATU.id, VALENCA – Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir tak terbendung untuk merengkuh gelar juara MotoGP 2020. Padahal rider asal Spanyol itu hanya finis ke-7 pada balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020) malam WIB.


Pebalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli yang keluar sebagai juara di balapan seri ke-14 ini, sesuai kalender MotoGP. Ia bersaing ketat dengan Jack Miller (Pramac Ducati) hingga garis finis.

Morbidelli finis terdepan dengan catatan waktu 41 menit 22.478 detik. Miller di belakangnya hanya selisih 0.093 detik.

Sementara pebalap Red Bull KTM, Pol Espargaro finis ketiga.


Adapun Joan Mir menyelesaikan lomba di posisi ke-7. Dan raihan 9 angka dari MotoGP Valencia ini membuat koleksi rider Spanyol itu menjadi 171 poin.

Mir unggul 29 poin dari Morbidelli yang kini naik ke posisi kedua klasemen pebalap. Dengan keunggulan itu, poin Mir tak mungkin lagi dikejar dengan satu seri tersisa, di Portugal.

Sukses Joan Mir juga tidak lepas dari penampilan buruk rival terdekatnya sebelum MotoGP Valencia, Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha. Di awal lap rider Prancis itu melakukan kesalahan dengan melebar di tikungan 2 dan terhempas ke posisi ke-21.

Pada lap ke-3, komposisi pebalap adalah Morbidelli di urutan terdepan, Miller kedua, Pol Espargaro ketiga, Joan Mir ke-10, dan Quartararo ke-17.

Rival Mir lainnya, Alex Rins yang tidak lain rekan setimnya d Suzuki Ecstar hanya mampu finis keempat atau hanya mendapat tambahan 13 poin.

Sementara itu, Valentino Rossi yang start dari urutan ke-16 kini menempati posisi ke-12 saat balapan memasuki lap 6.

Pada lap ke-9, Quartararo malah terjatuh di tikungan 6. Peluang Joan Mir juara pun makin terbuka.

Sirkuit Ricardo Tormo memang tampaknya tidak bersahabat bagi Fabio Quartararo. Setelah terjatuh di MotoGP Eropa, kini ia kembali tergelincir di MotoGP Valencia dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Memaskui lap terakhir, Mir sudah berada di peringkat ketujuh dan terus mempertahankan posisinya hingga finis untuk memastikan gelar juara MotoGP 2020. (fat/pojoksatu)