Kualifikasi MotoGP Valencia: Morbidelli Pole Position, Calon Juara Dunia Start dari Posisi 12

Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli juara MotoGP San Marino 2020.
Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli.

POJOKSATU.id, VALENCIA – Pebalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli kembali tampil apik di kualifikasi MotoGP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Sabtu (14/11/2020) malam WIB. Morbidelli mencatat waktu tercepat dan dipastikan start terdepan pada balapan Minggu besok.


Morbidelli yang sebelum mencatat waktu tercepat di sesi latihan bebas ketiga (FP3), meraih pole position setelah mencatat waktu terbaik 1 menit 30.191 detik di kualifikasi.

Jack Miller (Pramac Ducati) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) melengkapi tiga pebalap di grid 1.

Calon juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir akan mengawali balapan besok dari posisi ke-12. Rider Suzuki Ecstar Team itu mencatat waktu 0.797 detik lebih lambat dari catatan Morbidelli.


Tapi dua rival Mir juga akan start dari posisi yang tak terlalu menguntungkan. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) akan start dari posisi 11, sementara Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi 14.

Joan Mir cukup diunggulkan bisa menyegel gelar juara besok. Dengan dua seri tersisa, pebalap asal Spanyol itu mengemas 162 poin di papan klasemen.

Mir unggul 37 angka dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di posisi kedua dan ketiga.

Jika mampu menjaga selisih minimal 26 poin usai balapan besok, maka Joan Mir dipastikan juara MotoGP musim ini.

Artinya, jika Quartararo dan Rins gagal finis di 4 besar, maka Mir otomatis juara, meski tak mendapat tambahan poin sama sekali.

Tapi untuk amannya, Joan Mir harus mendapat tambahan 14 poin atau minimal finis 4 besar untuk memastikan gelar juara, terlepas dua rivalnya finis di posisi keberapa pun. (fat/pojoksatu)