Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya: Morbidelli Terdepan, Rossi Ketiga

Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli juara MotoGP San Marino 2020.
Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli.

POJOKSATU.id, BARCELONA – Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli meraih pole position setelah mencatat waktu tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (26/9/2020) malam WIB.


Morbidelli akan start di posisi terdepan pada balapan Minggu (27/9/2020) besok, di depan dua pebalap Yamaha lainnya. Fabio Quartararo (Petronas) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha).

Nama terakhir menjadi perhatian sepanjang latihan bebas ketiga dan kualifikasi hari ini lantaran telah menyepakati kontrak dengan Petronas, setidaknya satu tahun mulai musim depan.

Rossi akan satu tim dengan Morbidelli. Sementara Quartararo mulai musim depan ‘naik kelas’, mengisi tempat Rossi di tim utama Yamaha. Satu tim dengan Maverick Vinales.


Pada sesi kualifikasi, terjadi persaingan sengit antara Morbidelli dan Quartararo.

Kedua pembalap bergantian tampil galak. Quartararo sempat mengalami masalah yang menyebabkan dia keluar lintasan. Namun, di pengujung kualifikasi, Quartararo menggila, sempurna melahap lintasan.

Morbidelli tak tinggal diam, kembali mematahkan waktu Quartararo. Sementara Rossi nyaris berada di puncak, mendapat pole position andai tak ‘goyang’ di tikungan terakhir putaran terakhirnya. VR46 pun harus puas di posisi ketiga.

Di garis start keempat hingga keenam besok akan diisi Jack Miller, Vinales dan Johann Zarco. Kemudian di baris ketiga alias posisi tujuh hingga sembilan ada Pol Espargaro, Joan Mir dan Danilo Petrucci.
Posisi sepuluh hingga 12 diisi Brad Binder, Takaaki Nakagami dan Miguel Oliveira.

Alex Rins, Francesco Bagnaia dan Aleix Espargaro berada di posisi 13, 14 dan 15.

Kemudian di tempat ke-16, 17 dan 18 dan Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso dan Alex Marquez.

Iker Lecuona, Stefan Bradl dan Bradley Smith ada di posisi 19 hingga 21.

Terakhir, Tito Rabat berada di posisi ke-22 pada garis start balapan besok malam.

(jpnn/fat/pojoksatu)