Morbidelli Juara MotoGP San Marino 2020, Rossi Gagal Naik Podium

Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli juara MotoGP San Marino 2020.
Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbidelli.

POJOKSATU.id, MISANO – Pembalap Petronas Yamaha, Franco Morbideli keluar sebagai juara MotoGP San Marino 2020. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020) malam WIB, rider asal Italia itu finis terdepan.


Franco Morbideli mencatat waktu tercepat 42 menit 02,272 detik.Posisi kedua, Fransesco Bagnaia disusul Joan Mirr.

Morbidelli yang start di posisi kedua langsung menarik perhatian setelah mencuri posisi terdepan beberapa saat setelah balapan dimulai. Valentino Rossi yang start di posisi keempat, menempel Morbidelli di posisi kedua.

Sementara Maverick Vinales yang start dari posisi pertama tercecer di posisi keempat. Jack Miller (Pramac Ducati) berhasil menyodok di posisi ketiga, adapun Fabio Quartararo berada di posisi kelima.


Beberapa saat kemudian Morbidelli, Rossi dan Miller mulai ‘berpisah’ dengan pebalap lain. Dan yang menarik adalah pertarungan Rossi dan Morbidelli. Dua rider Italia yang berusaha menjadi yang terbaik di kandang sendiri.

Pada lap ketujuh, Morbidelli dan Rossi mulai makin renggang meninggalkan Miller dengan jarak nyaris setengah detik.

Di lap kedelapan Quartararo terjatuh jatuh di tikungan keempat tak lama setelah menyalip Vinales. Pebalap Perancis itu masih bisa melanjutkan balapan tapi tercecer jauh di belakang.

Tanpa Quartararo pertarungan memperebutkan posisi keempat semakin memanas. Di lap kesembilan Alex Rins (Suzuki Ecstar) berhasil menyalip Vinales. Pebalap berambut keriting itu kemudian mulai memburu Miller.

Sampai lap ke-13 belum ada perubahan posisi di rombongan depan. Hanya saja Morbidelli mulai bisa menjauh dari Rossi. Jika di lap-lap sebelumnya jaraknya hanya 0,3 detik maka kini melebar jadi 0,8 detik.

Di sisi lain Rossi juga mulai menjauh dari Miller dengan gap nyaris 1,5 detik Di lap ke-16 Rins berhasil menyalip Miller merebut posisi ketiga. Pebalap Suzuki itu perlahan tapi pasti menyodok ke depan. Meski jaraknya dengan Rossi masih terpaut nyaris satu detik.

Lap ke-19 Morbidelli makin mantap berada di depan. Pebalap Italia itu kini melebarkan jarak dengan Rossi nyaris dua detik. Adapun jarak Rossi dengan Rins makin dekat dengan gap 0,6 detik.

Sisa delapan lap Morbidelli makin jaduh di depan. Jaraknya dengan Rossi kini menjadi 2,3 detik. Adapun Rossi kini harus meladeni Rins yang makin cepat.

Tapi tak disangka Rins justru disalip oleh Franceso Bagnaia. Pertarungan memperebutkan posisi kedua jadi semakin seru di sisa tujuh lap akhir. Rossi diapit oleh dua muridnya sendiri. Morbideli di depan dan Bagnaia di belakang yang semuanya orang Italia.

Hanya saja, Rossi harus mengakui kecepatan Bagnaia yang mampu mencuri posisi kedua. The Doctor harus susah payah melepaskan diri dari kejaran pebalap Suzuki, Joan Mirr yang menguntit di posisi keempat.

Sial bagi Rossi, pada lap terakhir malah disalip Joan Mirr, hingga sukses mengamankan podium ketiga.

Valentino Rossi pun hanya mampu finis keempat dan gagal naik podium.

Download aplikasi PojokSatu.id, klik di sini

Belanja frozen food terbaik dan murah hanya ada di BozzFoods. Klik www.bozzfoods.com

(fat/pojoksatu)