Maria Sharapova Putuskan Pensiun dari Dunia Tenis

maria sharapova
Maria Sharapova putuskan pensiun. (Sky News)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Juara Grand Slam lima kali Maria Sharapova memutuskan untuk pensiun di usia 32 tahun.


Petenis asal Rusia itu mengucapkan selamat tinggal pada tenis. “Saya baru dalam hal ini, jadi tolong maafkan saya. Tenis – Saya mengucapkan selamat tinggal,” ujarnya dilansir dari BBC.

“Melihat ke belakang sekarang, saya menyadari bahwa tenis telah menjadi gunung. Jalan saya telah dipenuhi dengan lembah dan jalan memutar, tetapi pemandangan dari puncaknya luar biasa.

“Setelah 28 tahun dan lima gelar Grand Slam, saya siap untuk mendaki gunung lain – untuk bersaing di berbagai jenis medan,” sambungnya.


Lebih lanjut, usai memutuskan pensiun, Sharapova mengaku tidak sabar melakukan hal-hal sederhana. Mulai dari menikmati kebersamaan dengan keluarga hingga liburan di akhir pekan.

“Ada beberapa hal sederhana yang aku benar-benar menantikan: Rasa ketenangan dengan keluargaku. Berlama-lama menikmati secangkir kopi pagi. Liburan akhir pekan yang tak terduga,” ucapnya.

Diketahui, Sharapova berhasil memenangkan lima gelar Grand Slam sepanjang kariernya. Termasuk meraih gelar di turnamen Grand Slam Wimbledon 2004 lalu saat usianya masih 17 tahun.

Tidak hanya memiliki beragam kesuksesan, Sharapova juga pernah melewati periode buruk dalam kariernya. Yakni, ia gagal melewati tes doping jelang Australia Terbuka pada 2016 lalu.

Obat yang dikonsumsinya, meldonium, diketahui ditetapkan sebagai obat terlarang oleh Badan Anti-Doping Dunia (Wada) untuk para atlet.

(zul/pojoksatu)