Lewis Hamilton Kuasai FP-2 GP Malaysia 2015

TERDEPAN: Lewis Hamilton saat melahap Sirkuit Sepang, Malaysia. Hamilton tercepat di sesi latihan bebas kedua
TERDEPAN: Lewis Hamilton saat melahap Sirkuit Sepang, Malaysia. Hamilton tercepat di sesi latihan bebas kedua
TERDEPAN: Lewis Hamilton saat melahap Sirkuit Sepang, Malaysia. Hamilton tercepat di sesi latihan bebas kedua.

POJOKSATU – Gagal mencatatkan waktu di sesi latihan bebas pertama (Free Practise/FP-1), Lewis Hamilton bangkit dan langsung membukukan waktu tercepat pada FP2 Grand Prix Malaysia yang digelar di Sirkuit Sepang, Jumat (27/3). Sang juara bertahan terpaksa menghabiskan sebagian besar waktu latihan di FP-1 di garasi tim lantaran mobil W06 tunggangannya mengalami masalah mesin.

Khawatir masalah yang dihadapi sangat serius, tim memerintahkan kepada Hamilton agar tak usah membawa mobil ke garasi, dan segera menghentikan mobil di pinggir lintasan. Namun setelah mendapat perbaikan, mobil Hamilton dinyatakan siap tampil di FP-2. Pembalap asal Inggris itu memilih ban medium pada latihan kedua dan akhirnya meraih catatan waktu 1 menit 39,790 detik, melaju paling cepat dengan keungulan 0,373 detik dari pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang berada di posisi kedua.

“Benar-benar tidak maksimal. Kapanpun Anda kehilangan sebuah sesi, itu tak akan membantu Anda sama sekali. Selain juga di sesi kedua hanya bisa tampil setengah sesi. Tim sudah bekerja dengan sangat baik membangun ulang mobil saya dan saya bersyukur sekali karena bisa membukukan sejumlah catatan waktu lap sangat penting karena balapan di hari Minggu nanti akan sangat berat,” ujar Hamilton seperti dilansir ESPN F1.

Tak seperti Hamilton, rekan setimnya, Nico Rosberg justru melaju lebih lambat dari latihan sebelumnya ketika ia mencatatkan waktu terbaik. Di FP-2, Rosberg hanya berada di peringkat ketiga, dan hanya unggul tipis, 0,1 detik dari debutan Red Bull, Daniil Kvyat yang menempel ketat di peringkat keempat, tapi harus mengakhiri sesi latihan lebih cepat karena mengalami sedikit masalah pada mobilnya. Tak berbeda dengan Kvyat, Daniel Ricciardo juga terpaksa mengakhiri latihan lebih awal dan hanya mampu melahap delapan lap saja di FP-2.


Meski begitu, ia masih bisa membukukan waktu 1 menit 41, 799 detik dan meraih posisi kesepuluh. Dengan temperatur trek lintasan di Sepang yang mencapai 60 derajat celcius, wajar jika banyak tim yang mengalami kendala pada mobilnya. Selain duo Red Bull, Pastor Maldonado dan Romain Grosjaen dari Lotus serta Roberto Merhi dari Marussia juga hanya bisa melahap kurang dari sepuluh lap.

Bahkan Hamilton sendiri, memilih untuk masuk garasi lebih cepat setelah 16 lap mengitari Sepang. Sebastian Vettel juga sempat mengalami kendala ketika mobilnya berputar pada tikungan kesebelas sesaat setelah Merhi mengalami hal yang sama yang akhirnya berujung pada berkibarnya bendera merah tanda latihan dihentikan sementara.

Walau begitu, Vettel masih sanggup bertahan di peringkat ketujuh pada akhir latihan, di belakang pembalap Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa. Pembalap rookie, Mac Verstappen dari Toro Rosso serta Marcus Ericsson jadi penampil terbaik buat tim Toro Rosso dan Sauber di FP 2.

Keduanya sukses masuk ke peringkat sepuluh besar, mengungguli Ricciardo yang ada di posisi kesepuluh. Sementara itu, McLaren-Honda boleh dibilang mampu melaju mulus tanpa mengalami kendala berarti. Tapi, hasil yang diraih Fernando Alonso dan Jenson Button masih jauh dari kata memuaskan karna tertinggal cukup jauh dengan 2,7 detik dan 2,8 detik dari Hamilton. Mereka bahkan kalah cepat dari tim sekelas Force India. (dim)

HASIL LATIHAN BEBAS KEDUA

1. Lewis Hamilton, Mercedes         1menit, 39.790 detik

2. Kimi Raikkonen, Ferrari        +0,373 detik

3. Nico Rosberg, Mercedes        +0,428 detik

4. Daniil Kvyat, Red Bull        +0,556 detik

5. Valtteri Bottas, Williams        +0,660 detik

6. Felipe Massa, Williams        +0,770 detik

7. Sebastian Vettel, Ferrari        +0,862 detik

8. Max Verstappen, Toro Rosso        +1,430 detik

9. Marcus Ericsson , Sauber        +1,471 detik

10. Daniel Ricciardo, Red Bull        +2,009 detik

11. Pastor Maldonado, Lotus        +2,087 detik

12. Felipe Nasr,  Sauber        +2,198 detik

13. Sergio Perez, Force India        +2,542 detik

14. Carlos Sainz Jr, Toro Rosso        +2,501 detik

15. Nico Hulkenberg, Force India    +2,540 detik

16. Fernando Alonso, McLaren        +2,716 detik

17. Jenson Button,  McLaren        +2,847 detik

18. Romain Grosjean, Lotus        +3,158 detik

19. Will Stevens, Manor Marussia    +5,914 detik

20. Roberto Merhi, Manor Marussia    +7,439 detik