Pertahankan 15 Pemain di Pelatnas

casillas dicoret, iker casillas, berita pilihan, sergio ramos, real madrid, skuat spanyol
Sergio Ramos dan Iker Casillas. Foto: marca
BERI CONTOH: Pelatih timnas basket Fictor Gideon Roring memimpin latihan di DBL Arena Surabaya. (Foto: Farid Fandi / Jawa Pos)
BERI CONTOH: Pelatih timnas basket Fictor Gideon Roring memimpin latihan di DBL Arena Surabaya. (Foto: Farid Fandi / Jawa Pos)

POJOKSATU- Pelatih timnas basket Indonesia Fictor Gideon Roring belum berencana mencoret pemain. Saat ini terdapat 15 pemain di pelatnas. Ito -sapaan akrab Fictor- ingin mempertahankan jumlah tersebut hingga saat terakhir sebelum bertolak ke arena SEA Games 2015 di Singapura pada Mei mendatang.

”Kami menginginkan 15 pemain ini bertahan sampai akhir nanti,” kata Ito kemarin (18/3). Jika memaksakan untuk mengurangi jumlah itu menjadi 12 pemain yang merupakan batas akhir, kondisi tersebut dirasa kurang ideal untuk berlatih.

Dengan tetap mempertahankan 15 pemain, itu juga akan meningkatkan kompetisi di antara mereka. ”Kami ingin 15 pemain itu agar memudahkan kami berlatih. Sebab, 12 pemain, saya rasa, akan kurang,” terang mantan pelatih Satria Muda Britama Jakarta tersebut.

Karena itu, dalam waktu dekat, posisi 15 pemain yang saat ini menghuni pelatnas bisa dibilang aman. Kali terakhir tim pelatih melakukan pencoretan pada 13 Februari lalu. Kala itu, empat pemain harus rela meninggalkan timnas karena kalah bersaing. Mereka adalah Hardianus, Vamiga Michel, M. Saroni, dan Christmas Bonanza Siregar.


Ito mengatakan, training camp yang dimulai sejak Senin lalu (16/3) dimaksudkan untuk mengingatkan anak asuhnya terhadap sistem dan pola permainan yang telah diterapkan. Hal itu penting, mengingat para pemain dalam sebulan terakhir berjibaku mengikuti tiga seri IndiHome NBL Indonesia di Solo, Semarang, dan Jogjakarta.

”Fokusnya pada penajaman-penajaman sistem serta apa yang telah dilatih selama ini saja,” kata Ito. Training camp di Jakarta akan berakhir Sabtu (21/3). Setelah itu, para pemain kembali ke klub masing-masing untuk tampil pada seri IX NBL di Bandung. (mid/c4/ca)

Pemain Pelatnas Basket

1. Andakara Prastawa
2. Oki Wira Sanjaya
3. Ebrahim Enguio Lopez
4. Ponsianus Nyoman Indrawan
5. Adhi Pratama
6. Arki Dikania Wisnu
7. C. Ronaldo Sitepu
8. Rony Gunawan
9. Rachmad Febri Utomo
10. Mario Wuysang
11. Dimaz Muharri
12. Sandy Febiansyakh
13. Andrie Ekayana
14. Galank Gunawan
15. Restu Dwi Purnomo