Duel MVP, Harden Ungguli Paul

James Harden.
James Harden.
James Harden.

POJOKSATU – Duel calon kuat peraih MVP alias pemain terbaik NBA musim ini tersaji kala Houston Rockets menghadapi Los Angeles Clippers, Senin (16/3). James Harden (Rockets) yang berada di peringkat ketiga daftar calon pemain terbaik NBA musim ini bertarung dengan Chris Paul  yang nangkring di peringkat 8. Dan, duel MVP itu ternyata dimenangkan oleh James Harden. Harden membawa Rockets mempermalukan tuan rumah dengan keunggulan tipis satu bola, 100-98.

Berlaga di kandang Clippers,Staples Center Arena, Harden yang musim ini menjadi motor utama serangan Rockets membuktikan dirinya lebih unggul atas Paul. Shooting guard Rockets berusia 25 tahun itu unggul dengan raihan 34 poin sekaligus mencatatkan diri sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut. Sedangkan Paul, mesin poin Clippers, kali harus mengakui keunggulan Harden karena hanya mengoleksi 23 poin.

Harden dan Paul sejatinya sama-sama sukses membawa tim mereka unggul dalam adu pacu pengumpulan poin di setiap kuarter. Rockets unggul di kuarter kedua dan ketiga, sedangkan Clippers melaju di kuarter pertama dan keempat.

Harden, pemilik statistik 26,8 poin per game, mengawali laga dengan kurang bagus. Akibatnya, kuarter pertama langsung direbut oleh Clippers, 30-22. Namun, di kuarter kedua, Harden mulai beraksi. Pebasket bernomor dada 13 ini membawa Rockets menghujam keranjang Clippers sebanyak 36 poin. Sang tuan rumah hanya mencetak 20 poin. Jeda babak pertama ditutup Rockets dengan keunggulan tipis,50-58.


Di babak kedua, pertarungan Harden vs Paul semakin seru. Harden, pemilik 454 assist dari 1430 assist Rockets, berhasil unggul sedikit dari Paul yang punya catatan 18,3 poin per laga. Rockets melaju sedikit di depan Clippers di kuarter ketiga dengan 26 berbanding 24 poin. Kuarter ketiga ditutup Rockets dengan posisi 74-84.

Keunggulan 10 poin ternyata tak membuat Rockets tidur nyenyak. Clippers justru tampil kesetanan di kuarter terakhir agar tidak dipermalukan oleh lawan di depan pendukung sendiri. Laga semakin menegangkan setela lemparan Paul saat waktu tersisa tiga menit sukses menyamakan kedudukan,96-96.

Rockets kemudian kembali memimpin 98-99 saat laga tersisa 2 menit melalui Terrence Jones. Sayangnya, saat laga tersisa 20 detik, Blake Griffin terpaksa melanggar Harden yang melakukan steal darinya. Meski Harden hanya mampu menceploskan sekali lemparan bebas, namun itu cukup untuk mengunci kemenangan Rockets atas Clippers,98-100.

Kemenangan Rockets ini memang tak membawa perubahan berarti di klasemen Wilayah Barat. Kedua tim masih aman berada di zona play off. Rockets di peringkat keempat (44-22),sedangkan Clippers di posisi kelima (42-25). (dim)