Suksesnya Chris John, Berkat Tuah Nasehat Daniel Bahari

chrish john
chrish john
chrish john

POJOKSATU – Almarhum Daniel Bahari ternyata meninggalkan kesan mendalam bagi pemilik gelar super champion kelas bulu WBA Chris John. Petinju murah senyum itu mengatakan bahwa Daniel merupakan pelopor lahirnya tinju profesional di Indonesia.

”Beliau yang memulai itu di era tahun 90-an dan terbukti sangat sukses,”ujar Chris John.

Seperti diketahui, Chris John merupakan salah satu petinju yang sukses dan lahir dari tangan dingin ayah dari Pino Bahari itu. “Pada awal karier saya menuju puncak pun tak bisa lepas dari peran beliau,”tambahnya.

Pada 2001, Daniel membawa Chris John ke jenjang PABA (Pan Asian Boxing Association) dengan sang petinju asal Banjernegara tersebut mengandaskan juara bertahan Soleh Sundava. Peran Daniel dalam diri Chris John sangat kentara ketika ia mempromotori pertarungan Chris dengan Oscar Leon dalam laga merebut juara dunia kelas bulu versi WBA di Kuta Bali, September 2003.


Daniel juga yang membawa Chris John ke Tokyo, Jepang, untuk bertanding melawan Osamu Sato untuk mempertahankan gelar WBA tersebut.

Chris John melanjutkan, dirinya tak pernah lupa nasehat yang diberikan Daniel pada dirinya. “Beliau selalu berpesan bahwa saya harus terus latihan dan latihan serta tak boleh berpuas diri begitu saja. Pertandingan berat akan selalu menanti di depan karena itu saya tak boleh lengah,” ucap Chris John.

“Saat saya sudah jadi juara dunia pun, ketika saya bertemu beliau, beliau selalu berpesan dan mengingatkan hal yang sama,”ujarnya. Bagi Chris John, sosok Daniel adalah salah satu sosok yang tak bisa dilepaskan dari perkembangan tinju di Indonesia.

Daniel tidak pernah lelah dalam membina dan menemukan bakat-bakat tinju di Indonesia. Dalam hal inilah, Chris John siap meneruskan jejak Daniel Bahari.”Saya memang punya mimpi untuk bisa kembali menyemarakkan dunia tinju profesional di Indonesia dan saat ini tengah merintis jalan menuju sana,” ujar Chris John. Daniel meninggal tadi pagi pukul 6 karena serangan jantung. (lis/fat)