Lolos ke Final, Ini yang Disiapkan Tontowi/Liliyana

dubai superseries, tontowi/liliyana
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

POJOKSATU – Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menjalani partai final turnamen bulu tangkis All England 2015 di Birmingham, Inggris, Minggu (8/3) Malam nanti. Menghadapi unggulan pertama asal Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunlei, pasangan Indonesia itu harus memaksimalkan mental dan menjaga fokus selama laga.

Menurut Butet, panggilan akrab Liliyana, beberapa kali bertemu membuat kedua pasangan sudah saling mengerti. Konsistensi permainan dan inisiatif untuk tak mudah terpancing dan fokus, menjadi kunci di laga final.

Apalagi, secara skill, meski berstatus unggulan keempat dan pertama, Butet yakin di lapangan kemampuan mereka seimbang.

“Kami secara teknik sudah seimbang ya. Tapi bagaimana bisa mengolah fokus dan menjaga mental agar tetap baik. Harusnya kami lebih unggul secara mental dibanding mereka,” katanya.


Itu bukan tanpa alasan, selain mengulang final pada musim 2014, keduanya juga pernah berjumpa di All England 2013. Hasilnya, pasangan Indonesia mampu meraih kemenangan di dua pertemuan terakhir di All England.

“dua tahun berturut-turut kami selalu menang straight game dari mereka,” ungkapnya.

Namun demikian, Tontowi menegaskan kondisi itu tak boleh membuatnya lengah dan lemah antisipasi. Ganda campuran terbaik Indonesia itu tak mau terlalu percaya diri secara berlebihan.

“Kami harus tetap antisipasi. Karena (hasil kekalahan) itu bisa jadi motivasi tersendiri juga buat lawan. Kami  Harus tetap fokus,” tegas dia. (dkk/jpnn/fat)