Westbrook on Fire, Thunder Menang

Russell Westbrook
Russell Westbrook
Russell Westbrook

POJOKSATU– Performa gemilang point guard  Oklahoma City Thunder Russel Westbrook terus berlanjut. Setelah menjadi top skor sekaligus Most Valuable Player (MVP) di ajang NBA All-Star 2015 Senin kemarin, giliran kompetisi reguler NBA yang menjadi ajang pembuktian diri Westbrook. Pemain bernomor dada 0 ini menjadi pendulang poin terbanyak kala membawa Thunder menekuk tamunya, Dallas Mavericks. Thunder menang 104-89 Jumat (20/02).

Westbrook tampil brilian kala NBA All-Star dengan menyumbangkan 41 poin untuk membawa Wilayah Barat menekuk Wilayah Timur. Tak berhenti sampai disitu, Westbrook kembali tampil menggila kala membantu Thunder mengalahkan Mavericks. Westbrook mengemas 34 poin, 5 rebound, dan 10 assist untuk meneguhkan diri sebagai topskor Thunder. Raihan sebanyak itu dicetak Westbrook dalam 36 menit bermain.

Bermain di kandang sendiri, Chesapeake Energy Arena, Thunder memang tampil dominan sejak awal laga. Dari empat kali kuarter, hanya di 12 menit terakhir saja Thunder kalah dalam pengumpulan poin. Bahkan, dalam tiga kuarter tersebut, Thunder bisa mengemas minimal 25 poin.

Kevin Durant-Russel Westbrook langsung melesat sejak tip off dilakukan. Kuarter pertama dimanfaatkan benar bagi Thunder untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Alhasil, sebanyak 25 poin sukses dikemas oleh Thunder. Anak asuh Scott Brooks itu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 25-19.


Mesin poin Thunder makin terus digeber di 12 menit kedua. Thunder semakin menjauh dan membombardir keranjang Mavericks. Dirk Nowitzki dkk benar-benar tak berkutik di kuarter kedua ini. Bayangkan saja, selama 12 menit waktu normal, Mavericks hanya mampu melesakkan 17 poin. Sangat jauh dibandingkan perolehan dari sang tuan rumah. Thunder terus melaju di kuarter ini. Sebanyak 27 poin berhasil ditorehkan Kevin Durant dkk. Hingga babak pertama berakhir, Thunder melesat jauh. Jeda babak pertama dikunci Thunder pada posisi 52-36.

Defisit 16 poin di babak pertama melecut semangat para pemain Mavericks. Nowitzki dkk mulai memanaskan mesin poin mereka di awal babak kedua. Kuarter ketiga ini jalannya laga antara kedua tim berjalan lebih seru.
Mavericks mampu mengimbangi permainan Thunder. Hasilnya, Mavericks bisa menipiskan defisit poin terlalu jauh di kuarter pertama dan kedua dengan hanya dua poin saja dalam adu cepat pengumpulan poin. Mavericks mengoleksi 29 poin, sedangkan Thunder masih sempat unggul dengan 31 poin. Tuan rumah pun masih memimpin hingga kuarter ketiga ini dengan posisi 83-65.

Barulah di kuarter terakhir, Mavericks mampu unggul atas Thunder dalam pengumpulan poin. Meski bisa dibilang telat, Mavericks bisa menorehkan 24 poin berbanding 21 poin milik Thunder. Sayangnya, semuanya terlambat. Mesin poin Mavericks baru benar-benar berfungsi hanya di kuarter ketiga dan keempat. Thunder mengunci kemenangan dengan 104-89.

Inilah kemenangan keempat secara beruntun yang dicatat oleh Thunder. Sebuah hasil yang membawa Thunder berada di posisi ke delapan Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 29-25. Sementara bagi Mavericks, kekalahan ini membuatnya menjadi kekalahan ketiga dalam tujuh laga sepanjang Februari ini.
Sang bintang tuan rumah Russel Westbrook seusai laga memberikan tipsnya bisa tampil brilian dalam seminggu.

“Saya hanya mencoba untuk terus menemukan irama permainan saya. Hanya coba untuk selalu tampil agresif dan dalam taktik menyerang. Tetap selalu menekan di zona pertahanan. Itulah tugas saya,” ujar Westbrook seperti dikutip dari Associated Press.

Sayangnya kemenangan ini harus dikorbankan dengan kembali cederanya sang patron, Kevin Durant. Cedera kaki kanan Durant kembali kambuh dan memaksanya hanya mengoleksi 12 poin saja. (dim)