Permainan Timnas Mulai Tumbuh

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU-Timnas basket Indonesia kemarin menyelesaikan rentetan Training Center (TC) tiga hari di Surabaya. Dalam hari terakhir kemarin, tim asuhan Fictor Gideon Roring itu melakukan uji coba dengan tim asal kota Pahlawan, CLS Knights Surabaya di DBL Arena. Di laga itu, timnas menang 76-62.

Meski menang, komunikasi dalam melakukan defense para pemain timnas belum terjalin dengan begitu baik di awal-awal laga kemarin. Beberapa kali salah persepsi antar pemain terjadi saat melakukan offensive rebound mengantisipasi serangan CLS Knights.

Di laga itu, coach Ito sapaan Roring juga mencoba berbagai komposisi yang dimilikinya. Saat Ito menurunkan Mario Wuysang, Andrie Ekayana, Bonanza Siregar, Adhi Pratama, dan Rachmad Febri Utomo secara bersamaan, timnas menunjukkan kerjasama yang cukup baik dan cepat serta mampu berbalik unggul 44-43 dari CLS di pertengahan kuarter ketiga. Itu keunggulan pertama setelah mereka selalu tertinggal sejak kuarter pertama.

Di kuarter sebelum terakhir itu, CLS memang mulai melempem. Tembakan tiga angka Restu Dwi Purnomo membuat Timnas menjauh 51-44. Itu sebelum ditambah poin under basket dari Febri yang menyudahi kuarter tersebut menjad 53-46 untuk Timnas.


Di kuarter keempat, point guard Satria Muda Britama, Hardianus coba dimasukkan oleh Ito. Tembakan tiga angkanya pada saat kuarter keempat kurang tujuh menit membuat Timnas makin menjauh 61-50. Di kuarter  terakhir itu, Ito juga mencoba komposisi defense full court untuk diterapkan.

CLS yang sudah tertinggal di kuarter keempat tak tinggal diam. Beberapa kali penetrasi pemain naturalisasi mereka, Jamarr Andre Johnson membuat CLS mampu menipiskan keadaan. Pertandingan pun berakhir 76-62 untuk kemenangan timnas.

Coach Ito sendiri mengaku belum puas dengan permainan anak asuhnya. Menurutnya permainan Andhakara Prastawa dkk masih jauh dari kata sempurna. Namun, satu hal yang meembuat dirinya sangat mengapresiasi para pemain adalah perkembangan permainan yang ditunjukkan oleh para punggawa timnas.

“Permainan mereka tumbuh (dari pada TC sebelumnya). Itu yang bikin saya sangat senang. Itu membuktikan latihan kita memiliki dampak,” jelas mantan pelatih Satria Muda Britama Jakarta itu.

Hari ini para pemain timnas mulai kembali ke klub masing-masing. Mereka segera mempersiapkan diri melanjutkan perjuangan di ajang IndiHome NBL Indonesia seri V yang akan berlangsung di Batam, 4-8 Februari mendatang. (irr)