Riky/Richi Persembahkan Gelar Pertama

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU- Prestasi tinggi ditorehkan ganda campuran Indonesia Riky Widianto/Richi Puspita di Turnamen Syed Modi International India Masters Grand Prix Gold (GPG) 2015. Menjadi satu-satunya wakil pemusatan latihan nasional (pelatnas), Riky/Richi berhasil memersembahkan gelar pertama bagi Indonesia.

Ganda campuran peringkat sembilan dunia itu membawa pulang titel kampiun dari Babu Banarasi Das Indoor Stadium, Lucknow, India, akhir pekan lalu, setelah di laga pamungkas mengalahkan wakil tuan rumah, Manu Attri/K. Maneesha, straight game, 21-17, 21-17.

“Sebagai pelatih, tentu saya senang dengan hasil ini. Karena saya memang sengaja tidak mengikutkan mereka ke liga (Superliga Badminton 2015, Red) dengan harapan mereka bisa jadi juara di India, dan ternyata harapan saya itu tercapai. Puji syukur kepada Tuhan. Ini merupakan berkah di awal tahun,” tutur Pelatih Kepala Ganda Campuran Pelatnas Richard Mainaky  melalui pesan singkat, Senin (26/1).

“Saya sendiri melihat penampilan mereka cukup konsisten dan telah menunjukkan kematangan dan kepercayaan diri yang baik,” sambungnya.


Argumen Richard ini memang terlihat jelas di atas lapangan. Sejak beraksi pada Rabu (21/1) lalu, Riky/Richi hanya kecolongan satu game, ketika bertanding melawan unggulan delapan dari Malaysia Wong Fai Yin/Mei Kuang Chow di perempat final.

Selebihnya, pasangan yang diplot sebagai unggulan teratas itu selalu bisa mencatat kemenangan dua game langsung. Termasuk saat mengalahkan Attri/Maneesha di final.

Mengacu pada statistik performa tersebut, Richard pun optimistis Riky/Richi bisa memenuhi target yang dipatok dirinya di tahun ini. Selain mengharapkan lebih banyak gelar juara lagi, Richard juga menargetkan Riky/Richi dapat menembus peringkat delapan dunia.

“Kalau untuk di turnamen yang diikuti, saya harap mereka bisa minimal mencapai semifinal. Karena level mereka memang sudah sampai di situ,” tukasnya.(fay)