James Bawa Cavs Menang Lagi

LeBron James
LeBron James
LeBron James

POJOKSATU – Cleveland Caveliers menjelma menjadi tim yang lebih solid dan tidak terkalahkan semenjak LeBron James kembali dari cedera. Terakhir, Cavs, begitu julukan Caveliers, mengalahkan Utah Jazz 106-92 yang menjadi kemenangan keempat beruntun buat mereka. Tampil di kandang sendiri, Quicken Loans Arena, James dkk menang 106-92, Kamis (22/1) kemarin.

Kembalinya James seolah menjadi darah baru buat Cavs yang baru menelan satu kekalahan sejak James comeback dari cedera punggung dan lutut yang memaksanya absen dalam delapan laga. Tanpa James, Cavs menelan tujuh kekalahan dan hanya sekali menang.

Melawan Jazz, James sekali lagi membuktikan peran vitalnya dengan membukukan 26 poin meskipun sempat absen mengikuti latihan tim lantaran terserang flu. Virus yang  sama juga melanda Kyrie Irving, namun itu tak menghalagi mereka untuk tampil kompak, bersama satu bintang lainnya, Kevin Love yang di laga ini ikut menyumbang 19 poin, sedangkan Irving mencetak 18 poin.  “Ini terus berjalan. Kami sekarang sedang memiliki ritme yang bagus,” kata James mengomentari kerjasama di timnya  yang terus membaik seperti dilansir dari The Associated Press.

Hasil ini sekaligus sebagai balas dendam atas kekalahan mereka sebelumnya, 100-102 pada 5 November 2014 ketika Gordon Hayward melesakkan tembakan tepat sebelum buzzer berbunyi setelah melewati James.


Tapi di laga ini, tak ada lagi aksi heroik dari Hayward, yang malah mendapatkan ejekan dingin dari James setelah sang raja melakukan dunk di kuarter ketiga yang tak bisa dihentikan Hayward. Kemenangan ini hadir berkat penampilan kompak dari pemainnya yang sama-sama mencetak dobel digit poin.

Cavs adalah tim pertama yang semua pemain starternya bisa mencetak 15 poin atau lebih dalam laga back to back semenjak Los Angeles Clippers pada tahun 2008. Kemenangan ini membuat Cavs semakin mantan di posisi keempat Wilayah Timur dengan rekor 23-20, sedangkan Jazz yang menelan kekalahan ke-28 nya musim ini masih terpuruk di papan bawah Wilayah Barat.

Di laga lainnya, Oklahoma City Thunder juga merasakan enaknya punya pemain bintang sekaliber Kevin Durant dan Russel Westbrook. Keduanya bermain ciamik saat Thunder mengalahkan Washington Wizards 105-103. Bermain di kandang lawan, Verizon Center, Thunder sebenarnya tampil buruk di awal laga dan terus tertinggal dalam dua kuarter pertama dalam kedudukan 26-31 dan 38-50.

Namun, tim tamu bangkit di babak kedua berkat penampilan duet bintangnya. Dimulai dengan kuarter ketiga saat mereka mencetak 28 poin, kebangkitan Thunder terus berlanjut di 12 menit terakhir dengan mencetak 26 poin. Produktivitas mereka diimbangi dengan pertahanan rapat yang membuat Wizards mati kutu untuk mencetak angka. Akibatnya di kuarter ketiga dan keempat mereka hanya mengumpulkan 42 poin yang membuat laga terpaksa berlanjut ke babak perpanjangan waktu karena kedudukan berakhir imbang 92-92 hingga kuarter keempat usai.

Di babak overtime kembali Thunder tampil lebih produktif dengan raihan 13 poin sementara Wizards hanya bisa mencetak 11 angka saja. Di babak ini, dua bintang Thunder unjuk gigi dengan mencetak semua poin timnya, dengan Westbrook menjadi bintang kemenangan lewat layup nya saat laga tinggal tersisa 0,8 detik lagi.

Durant jadi pemain tersubur di laga ini dengan 34 poin, disusul Westbrok dengan 32 poin. sedangkan Nene yang meraih 24 poin, dan Jhon Wall 18 poin jadi dua pemain terbaik di kubu Wizards. (dim)