Standing Ovation Untuk McAdoo

James Michael McAdoo
James Michael McAdoo

POJOKSATU – James Michael McAdoo baru menandatangani kontrak 10 hari bersama Golden State Warriors Senin pagi (20/1) waktu setempat. Jebolan NBL Development League tersebut langsung tampil menggebrak di pertandingan debutnya menaklukkan Denver Nuggets 127-79 dan sukses mencuri perhatian penonton.

Dalam pertarungan yang didominasi Warriors tersebut, semua pemain yang diturunkan memang punya peluang untuk bersinar. Klay Thompson menyumbang 22 poin, Stephen Curry menambahi 20 poin dan 8 assist, dan sejumlah pemain cadangan yang menggila di kuarter keempat.
Salah satunya adalah McAdoo. Pemain yang baru dipanggil dari tim afiliasi Warriors di D-League, Santa Cruz itu sukses menghibur fans dan memaksa mereka berdiri dari kursinya untuk memberikan tepukan penghormatan. Itu terjadi setelah power forward 22 tahun tersebut menghujamkan satu dunk dan memblok drive yang dilakukan Randy Foye.

“Rasanya luar biasa,” ujar pemain bernomor punggung 20 tersebut. Di pertandingan tersebut, McAdoo mencatat 11 poin dan lima rebound hanya dalam tempo 13 menit.

Denver sembat memberikan perlawanan. Ty Lawson tampil apik dengan sumbangan 19 poin dan enam assist. Ditambah sumbangsih 14 poin dan lima assist dari Jameer Nelson. Tapi penampilan mereka tak mampu menghentikan kekalahan Nuggets tiga kali secara beruntun.


“Kami sama sekali tidak bersaing. Tim kami seperti ketakutkan,” sebut pelatih Nuggets Brian Shaw. “Aku berusaha menjaga apapun yang akan aku kaakan. Karena aku tak ingin ada pemain yang justru down saat menghadapi salah satu tim terbaik di liga,” tandasnya seperti dikutip AP.

Kombinasi antara gaya bertahan yang menekan dan menyerang secara efisien, ditambah buruknya presentase tembakan Denver, membawa pertandingan tersebut berlangsung jomplang. Hasil yang membawa Denver pada rekor terburuknya musim ini.

Warriors meninggalkan Denver 25-15 di kuarter pertama, torehan paling sedikit di periode tersebut musim ini. Mereka kemudian memulai kuarter kedua dengan mengejar defisit 22-5 dan mengakhiri paruh pertama dengan hasil 55-28. Itu adalah poin terkecil yang pernah ditorehkan Nuggets di paruh pertama sejak Maret 2004.

Warriors kemudian menjauh 85-49 di akhir kuarter ketig sebelum coach Kerr mendudukkan hampir semua starter-nya.

Skor terendah yang pernah dicatat Denver di separuh musim ini adalah 32 poin saat menghadapi Indiana Pacers 20 Desember lalu. Saat itu Nuggets menorehkan poin terendah sepanjang musim, 76. (cak)