Pacman-Mayweather Pilih Las Vegas

Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather
Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather
Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather

POJOKSATU- Babak baru diperoleh dalam rencana pertarungan akbar yang mempertemukan dua petinju terbaik Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather. Duel yang diperkirakan bakal jadi yang termahal dalam sejarah tinju dunia itu kian mendekati kenyataan. Tarik-ulur yang selama ini terjadi sudah menemukan ujungnya.

Dua petarung terbaik di kelas welter itu sudah menyepakati arena yang nantinya akan digunakan untuk menentukan siapa yang terbaik. Baik kubu Pacquiao atau Mayweather memilih kota Las Vegas di negara bagian Nevada, Amerika Serikat (AS) sebagai arena duel yang sudah ditunggu selama lima tahun terakhir itu. Selama ini, kota tersebut dikenal sebagai kiblat tinju profesional.

Sayangnya, belum ada venue pasti yang disebutkan. Tapi, jika menilik betapa besarnya daya tarik pertarungan tersebut, satu dari dua venue yaitu MGM Grand atau Mandalay Bay Arena jadi opsi yang paling berpeluang.

Kepastian duel kian nyata jika menilik berbagai kesepakatan yang sudah didapatkan dari diskusi awal tersebut. Bahkan dalam kesepakatan itu, ada klausul yang memungkinan terjadinya tarung ulang. Revans disepakati digelar di tahun yang sama, yakni 2015.


Lebih serius lagi, menurut sejumlah sumber di Amerika Serikat, kemajuan tentang digelarnya pertarungan tersebut terjadi setelah kedua belah pihak juga sepakat pada prinsip-prinsip yang diberlakukan pada sesi pengujian penggunaan obat-obatan. Klausul ini sebelumnya dikeluhkan pihak Pacquiao.

Beberapa hal yang belum disepakati adalah soal presentase pembagian keuntungan dari penjualan hak siar pertarungan tersebut. Selain itu, pihak yang akan menyiarkan pertarungan tersebut juga belum dipastikan. Karena masih terjadi tarik ulur antara Showtime di belakang Mayweather atau HBO yang mendukung Pacquiao.

Jadwal pertarungan megafight  itu juga semakin mengerucut, antara Mei dan Juni. Tapi Las Vegas adalah pusat perhelatan banyak ajang dunia yang punya jadwal ketat. Ketika sudah dipilih sebagai arena sebuah duel super megah, otomatis tanggal pelaksanannya juga sudah ditentukan. Penggila tinju hanya tinggal menunggu pengumuman resmi saja.

Pacman, julukan Pacquiao, sudah memberikan sinyal kuat bahwa pertarungan tersebut sudah jelas. “Saya rasa (pertarungan) ini akan terjadi. Tunggu sebelum akhir bulan ini,” ujarnya seperti dilansir sejumlah media Filipina.

Bob Arum, promotor Pacquiao juga masih pelit berkomentar terkait jadwal pertarungan tersebut. “Aku tidak bisa membicarakannya,” katanya seperti dilansir Telegraph.

Baik Pacquiao, 36 dan Mayweather, 38, sudah sama-sama berkoar menginginkan pertarungan tersebut terjadi tahun ini. Kabarnya, semua kepastian tersebut akan diambil dalam waktu 7 hingga10 hari ke depan.

Soal jaringan televisi mana yang berhak menyiarkan pertarungan tersebut? Kemungkinan besar akan dilakukan secara bersama. Itu sudah pernah dilakukan pada 2002 silam. Saat itu duel kelas berat Lennox Lewis dan Mike Tyson, kru HBO memproduksi program tersebut. Sementara penyiarnya berasal dari kedua jaringan televisi itu. (cak)