Terpuruk Lagi Tanpa LeBron

LeBron James
LeBron James

POJOKSATU – Atlanta Hawks maupun Cleveland Cavaliers sama-sama tidak bisa menurunkan skuad terbaik saat bentrok di Philips Arena, Atlanta kemarin WIB (31/12). Dalam keadaan skuad yang sama-sama compang-camping itu, tuan rumah Atlanta lebih mampu memanfaatkan keadaan. Mereka mengakhiri laga dengan kemenangan 109-101.

Dari tim tamu, LeBron James tidak bisa tampil di laga itu karena cedera lutut kirinya kambuh. Bukan hanya LeBron, forward Shawn Marion juga dipaksa menepi di laga itu karena mengalami cedera engkel kaki kiri.

Sementara itu, tuan rumah Atlanta juga tidak kalah apes. Mereka harus tampil tanpa center utama Al Horford. Itu karena pemain 28 tahun itu tiba-tiba mengeluh sakit perut beberapa menit sebelum tip off.

Sepeninggal James, point guard Kyrie Irving menjadi pemimpin yang baik bagi Cavaliers di laga itu. Pemain 22 tahun kelahiran Melbourne, Australia itu menjadi top score bagi Cavaliers dengan mengemas 35 poin, 6 rebound, dan 9 assist.


Sayang penampilan impresifnya di laga itu belum mampu membawa Cavaliers mendapatkan kemenangan ke-19 musim ini. Dari 31 laga, Cavaliers mencatatkan torehan menang-kalah 18-13. “Kami sudah berusaha menekan dengan terus melakukan tembakan. Saya rasa kami hanya kurang beruntung di saat-saat krusial menit akhir,” tutur Irving seperti dikutip Associated Press.

Itu adalah laga kedua Cavaliers tanpa James. Sebelumnya, eks pemain Miami heat itu absen saat timnya kalah dari Oklahoma City thunder 11 Desember.

Di awal kuarter keempat, Cavaliers sebenarnya sempat membuka asa saat jump shoot power forward Tristan Thompson mampu memperpendek ketertinggalan Cavaliers menjadi 90-93. Namun, adalah Paul Millsap, power forward Hawks yang membuyarkan harapan tim tamu.

Mantan pemain Utah Jazz itu tampil dingin dengan berturut-turut mencetak delapan poin di kuarter keempat yang membuat Atlanta kembali meninggalkan perolehan angka Cavaliers. Millsap menjadi pahlawan setelah tampil gemilang  mengemas 26 poin di laga itu, ditambah dengan 9 rebound dan 3 assist.

“Itulah yang memang kami harapkan dari dia (Millsap),” tutur Jeff Teague, point guard Hawks. Teague sendiri di laga itu juga tampil taktis bagi Atlanta. Pemain 26 tahun itu berhasil mencetak double-double bagi timnya dengan donasi 23 poin dan 11 assist.

Badai cedera sendiri belum berhenti menghantui Cavaliers. Setelah deretan pemain bintang mereka seperti Anderson Varejao, LeBron James, dan Shawn Marion tidak bisa tampil di laga kemarin, kali ini giliran power forward Kevin Love yang terancam tidak bisa tampil di laga mereka selanjutnya terutama saat menjamu Milwaukee Bucks di Quicken Loans Arena pagi ini.

Di laga melawan Atlanta kemarin, Love tidak bisa tampil penuh. Ini karena Love mengalami cedera otot di punggung bagian belakang yang memaksanya harus keluar dari pertandingan saat kuarter ketiga menyisakan dua menit 12 detik. (irr/ady)