Tiongkok Dominasi Rangking Bulutangkis Dunia 2014

ilustrasi.
ilustrasi.
ilustrasi.

POJOKSATU – Badminton World Federation (BWF) baru saja merilis rangking dunia bulutangkis dari semua nomor. Dalam situsnya, Rabu (24/12), BWF menempatkan 4 wakil Tiongkok sebagai nomor satu dunia di akhir tahun 2014. Hanya satu nomor yang ditempati pebulutangkis dari Korea Selatan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jago-jago tepok bulu Tiongkok masih mendominasi berbagai ajang. Itu termasuk menjuarai turnamen superseries dan superseries premier yang merupakan turnamen dengan hadiah dan poin menjulang buat peserta.

Dari lima nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, hanya di ganda putra yang lepas dari tangan Tiongkok. Predikat terbaik ganda putra dunia akhir tahun itu ditempati oleh pasangan Korsel, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Sementara di tunggal putra ditempati Chen Long, tunggal putri ditempati Li Xuerui, ganda putri diduduki Tian Qing/Zhao Yunlei dan di ganda campuran disabet Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Bagaimana dengan Indonesia? Skuat Merah Putih hanya menempatkan dua wakil di 5 Besar Dunia. Itu dicatatkan oleh ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berada di peringkat ketiga, dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang duduk di posisi keempat. (adk/jpnn)