Inilah Rangking Ganda Putri Bulutangkis Dunia

Zhao Yunlei (kiri) dan Tian Qing. Foto: istimewa
Zhao Yunlei (kiri) dan Tian Qing. Foto: istimewa

POJOKSATU – Ganda putri Tiongkok, Tian Qing/Zhao Yunlei masih pantas bersuka cita, meski kalah dari ganda Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi di final BWF Superseries Finals di Dubai akhir pekan kemarin.

Pasalnya, dalam kalkulasi Badminton World Federation (BWF), per Rabu (24/12) Tian dan Zhao masih merupakan ganda terkuat di dunia hingga akhir tahun ini. Pencapaian ganda ini memang terbilang luar biasa. Posisi peringkat pertama dunia baru mereka dapatkan di akhir November kemarin dari ganda Jepang tadi.

Konsistensi pasangan ini di tahun 2014 memang baru ‘hot’ setelah pekan ke-21 kalender BWF alias bulan Agustus. Secara keseluruhan, dari 11 ajang bergengsi sekelas superseries ke atas yang diikuti Tian Qing/Zhao Yunlei, mereka berhasil menjadi juara di 5 turnamen.

Sementara pasangan terbaik Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari berada di peringkat 8 dunia di akhir 2014 ini. Memang torehan itu masih jauh dari harapan, namun faktanya posisi ini lebih baik dibanding mereka memulai tahun ini dari peringkat 10 dunia. (adk/jpnn)


10 Besar Peringkat Ganda Putri Dunia

1. Tian Qing/Zhao Yunlei (Tiongkok)
2. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang)
3. Luo Ying/Luo Yu (Tiongkok)
4. Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen (Denmark)
5. Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda (Jepang)
6. Bao Yixin/Tang Jinhua (Tiongkok)
7. Jung Kyung Eun/Kim Ha Na (Korea Selatan)
8. Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii
9. Wang Xiaoli/Yu Fang (Tiongkok)
10. Chang Ye Na/Kim So Yeong (Korea Selatan)