Chen Long Geser Lee Chong Wei dari Nomor 1 Dunia

Chen Long. Foto: istimewa
Chen Long. Foto: istimewa

POJOKSATU – Tunggal putra Tiongkok, Chen Long akhirnya berhasil menggeser posisi pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei yang sudah dua tahun belakangan ini tak pernah turun dari peringkat satu dunia.

Chen Long, pebulutangkis kelahiran 18 Januari 1989 ini sudah lama mengintip posisi Chong Wei. Sepanjang tahun ini, pemain dengan pegangan raket di kanan itu selalu menjadi bayang-bayang Chong Wei.

Kasus doping yang menimpa Chong Wei memang tak bisa dibantah, membuat laju Chen Long tak tertahan di ajang bergengsi. Bgaimanapun, Chen Long pantas menjadi nomor satu dunia di akhir tahun ini.

Selain Chen Long, nama yang pantas menjadi sorotan adalah pebulutangkis muda dari India, K. Srikanth. Atlet kelahiran 7 Februari 1993 itu melakukan loncatan rangking yang fenomenal. Di akhir tahun lalu, Srikanth hanya menempati rangking 47 dunia. Berkat konsistensinya, Srikanth perlahan merangsek hingga menutup tahun di peringkat 4, mengungguli jagoan Indonesia Tommy Sugiarto yang harus puas nangkring di peringkat 9. (adk/jpnn)


10 Besar Rangking Tunggal Putra Dunia

1. Chen Long (Tiongkok)
2. Lee Chong Wei (Malaysia)
3. Jan O Jorgensen (Denmark)
4. K. Srikanth (India)
5. Son Wan Ho (Korea Selatan)
6. Lin Dan (Tiongkok)
7. Chou Tien Chen (Taiwan)
8. Kenichi Tago (Jepang)
9. Tommy Sugiarto (Indonesia)
10. Hans-Kristian Vittinghus (Denmark)