Jika Mau Jadi BUMD, Persija Dapat Suntikan Rp50 Miliar

Persija_suporter_eca2POJOKSATU, JAKARTA- Persoalan keuangan yang dialami Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija) akan selesai bila klub tersebut ini mau bergabung dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan Pemprov DKI akan menggelontorkan dana sebesar Rp50 miliar ke Persija setiap tahun bila klub ini diambil oleh DKI. Namun, dengan satu syarat, yakni saham mayoritas Persija yang masih berbentuk Perseroan Terbatas (PT) harus dilepas.

“Kalau masih berbentuk PT, kita tidak akan membantu. Mau pakai cara tetap tidak bisa. Kalau mereka (PT Persija, red), mau jual, kita bisa jadikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI,” ujarnya di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (8/12).

Kata Saefullah, nantinya Persija akan diubah menjadi BUMD DKI. “Kalau sudah tidak beres atau tidak mampu, lebih baik jual saja ke DKI. Sahamnya dibeli, kita siap beli saham mayoritas,” katanya.


Pemprov DKI akan membiayai dan merestrukturisasi Persija secara keseluruhan. Pelatih terbaik akan disediakan untuk klub Macan Kemayoran ini agar kembali merajai ajang Indonesia Super League (ISL).

“Kalau memang sudah jelas jadi milik DKI, ya kita beli saja pemain-pemain bagus atau pemain asing. Sekaligus bikin pendidikan sepakbola yang baik,” katanya. (jpnn)