Misteri Atlantis adalah Indonesia, Benarkah?

Misteri Atlantis

4. Misteri Atlantis adalah Indonesia

misteri atlantis
Atlantis

POJOKSATU – Atlantis, Legenda yang sangat populer di dunia. Siapa sih yang tak mengetahui tentang atlantis? Siapa yang tidak mengenal atlantis? Negeri yang teknologinya digambarkan seperti teknologi masa depan ini memiliki banyak kekayaan alamnya.

Atlantis yang digambarkan oleh Plato adalah negara besar yang makmur dengan peradaban maju, namun tiba-tiba hancur dan tenggelam karena adanya bencana alam akibat letusan beberapa gunung berapi secara bersamaan yang membuat gempa bumi terdahsyat sepanjang masa yang mengakibatkan banjir dalam waktu semalam dan menenggelamkan negeri makmur itu, saat akan melancarkan perang besar dengan Athena. Kisah ini di tulis oleh Plato dalam judul “Timaeus dan Criticias” yang ditullis sekitar 360 SM.

Dalam kisah itu, plato juga mengatakan bahwa negeri Atlantis merupakan pusatnya peradaban dunia yang memiliki kekayaan alam, ilmu, teknologi, dan lain-lain.


Misteri ini pun terkuak. Pada tahun 2005, akhirnya seorang atlantolog, geolog, dan fisikawan nuklir asal Brazil, Prof. Arysio Nunes dos Santos mengungkapkan hasil risetnya selama 30 tahun dalam buku “Atlantis : The Lost Continent Finally Found”.

Dalam bukunya itu, Arysio mengungkapkan bahwa Atlantis terletak di wilayah yang sekarang bernama Indonesia.  Arysio membandingkan 33 keadaan daerah di dunia, meliputi luas wilayahnya, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani.

Indonesia memiliki banyak kesamaan dari apa yang dikisahkan dalam dialog Plato. Dari hasil penelitiannya itu, Arysio mengungkapkan bahwa Indonesia adalah benar pusatnya negeri Atlantis karena pada masa lalu Atlantis terbentang mulai dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah Timur dengan Indonesia sebagai pusatnya. (zul)