4 Tradisi Mengerikan Indonesia yang Dikenal Dunia

pengasingan wanita hamil suku naulu

Kekayaan budaya  bangsa Indonesia memang sudah dikenal oleh dunia, mulai dari kekayaan rasnya, bahasanya, budaya, etnis, serta suku bangsanya. Beberapa tradisi bahkan masih menyimpan cerita misteri yang kadang di luar akal sehat kita.

Ada beberapa tradisi mengerikan dari daerah-daerah di Indonesia yang dikenal oleh dunia. Inilah 4 tradisi mengerikan yang ada di Indonesia:

1. Tradisi Ma’nene (mayat Berjalan) Suku Toraja

Ma'nene Mayat Hidup Tana Toraja
Ma’nene Mayat Hidup Tana Toraja

Mayat hidup kembali? Seram, siapa sih yang tidak takut dengan mayat yang hidup kembali seperti dalam film Resident Evil. Film tersebut menggambarkan mayat-mayat hidup kembali dan menyerang penduduk kota.


Namun, tahukah anda ternyata ada juga di dunia nyata tentang mayat-mayat yang hidup kembali. Hal ini benar-benar terjadi di daerah Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Mayat-mayat yang telah mati dapat kembali hidup dan berjalan sendiri ke tempat peristirahatan terakhirnya menggunakan kekuatan gaib. Mayat berjalan menjadi salah satu keunikan budaya yang dimiliki Indonesia.

2. Potong Jari dan Daun Telinga, Papua

Traradisi potong jari ini adalah kebudayaan dari leluhur bangsa dari Suku Dani di Papua. Hal ini dilakukan ketika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal, hanya para perempuan tua yang disebut mama yang melakukan tradisi potong jari ini.

potong jari
potong jari

Para wanita tersebut menunjukkan rasa duka citanya dengan cara memotong salah satu jari mereka dengan menggunakan kampak batu. Jika sudah tidak ada lagi jari tangan yang bisa dipotong, maka para wanita akan memotong daun telinga mereka.

3. Persembahan Kepala Manusia

Tradisi yang dilakukan oleh suku Naulu, Maluku terbilang paling sadis dan mengerikan. Pasalnya, suku ini mewajibkan tumbal kepala manusia untuk persembahan sebagai kepercayaan yang mutlak dilakukan. Keyakinan itu mengalahkan akal sehat dan logika manusia, karena diyakini jika tidak mendapat kepala manusia buat persembahan bisa mendatangkan bala atau musibah.

suku naulu persembahan kepala manusia
suku naulu persembahan kepala manusia

4. Pengasingan Perempuan Hamil

Pengasingan terhadap perempuan hamil yang dilakukan oleh suku Naulu, Maluku ini terbilang sadis. Wanita hamil yang seharusnya dimuliakan dan dilindungi malah dibuang ke tengah hutan untuk diasingkan. Mereka disediakan tempat seperti rumah berukuran 2×2 meter untuk mereka tinggal hingga mereka melahirkan.

pengasingan wanita hamil suku naulu
pengasingan wanita hamil suku naulu