Menelisik Anggaran Puluhan Milyar Proyek Kotaku, Pamsimas dan Rutilahu. Beberapa Desa Dapat Anggaran Milyaran Rupiah

pamsimas
Salah satu anggaran yang digelontorkan negara mencapai Belasan Milyar, untuk program pamsimas.

POJOKSATU.ID, PURWAKARTA – Anggaran puluhan milyar rupiah telah di gelontorkan pemerintah untuk berbagai proyek pembangunan, dari mulai program Kotaku, Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) hingga Pengembangan Jaringan Perpipaan atau biasa disebut Pamsimas.


Dari data yang diterima redaksi, untuk wilayah Kabupaten Purwakarta ada puluhan Desa yang menerima anggaran pembangunan tersebut.
Anggaran yang digelontorkan pemerintah dari sumber APBN berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD.

Setiap Desa yang menerima gelontoran dana bervariasi, dari mulai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Dari yang terkecil 150 juta hingga yang terbesar mencapai 2,5 Milyar.

Beberapa Desa menerima anggaran diangka satu milyar lebih, bahkan ada juga beberapa desa lainnya menerima gelontoran anggaran 2,5 Milyar.


Menanggapi hal itu, Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Bangsa (GMPB), Asep Saepudin, agar para warga masyarakat di desa masing-masing melakukan pengawasan secara ketat.

“Terutama yang mendapatkan anggaran ‘Gemuk’, perlu pengawasan semua pihak. Agar anggaran yang besar itu sesuai dengan peruntukannya,” kata Asep, melalui sambungan seluller.

Jangan sampai, lanjut Asep, saat di laporan pertanggungjawaban beres atau secara administrasi diatas kertas selesai tapi pelaksaan di lapangan pekerjaannya tidak beres.

“Kami berharap semua desa atau kelurahan penerima anggaran tersebut tidak ada yang bermasalah, sehingga tidak berbenturan dengan para penegak hukum,” tutup Asep mengakhiri pembicaraan. (Adw/pojokjabar)