Amerika Soroti Bully Bekasi

Bully Bekasi
POJOKSATU- Masih ingat bully terhadap Bekasi yang dilakukan iklan viral Indosat awal Januari lalu? Ya, bully ini memantik surat kabar Amerika Serikat. Koran The Wall Street Journal dalam edisi 8 Februari 2015 menulis tentang bully Bekasi yang dilakukan viral Indosat.

Iklan Indosat yang membuat iklan ‘Liburan ke Aussie Lebih Mudah Dibanding ke Bekasi’ dianggap salah satu suratkabar terbesar di Amerika ini sebagai sebuah lelucon tidak lucu. (baca: Bekasi Ad Backfire Tees Up a Few Lessons)

The Wall Street Journal juga menuliskan bahwa iklan yang tersebar di media sosial ini telah memancing demonstrasi mahasiswa. Bahkan, ditulis jika iklan Indosat ini tidak memiliki kreativitas yang baik. Bahkan, reaksi warga Bekasi terhadap Indosat ini memicu sentimen negatif saham Indosat hingga -0,74%.

The Wall Street Journal juga mengutip pernyataan pakar periklanan, Brotoseno, bahwa perusaahan harus memiliki kepedulian emosi terhadap masyarakat.


”Perusahaan harus lebih bijaksana dalam membuat iklan,” kata Brotosuseno.

Ditulis juga, Bekasi memang kerap dibully  oleh masyarakat banyak dengan meme-meme. Namun, iklan Indosat dianggap meremas emosi warga Bekasi lebih dalam.

Meski Indosat telah meminta maaf dan langsung meluncurkan berbagai program promosi untuk membalikan citra positif Bekasi, itu dianggap belum cukup.

”Iklan di media sosial kadang-kadang kontroversial, tapi ini tidak bisa berlaku di Indonesia,” kata dngen Brotoseno. (kan/ps)