Yes, Tarif KA Ekonomi Separo Harga

tiket kereta api
ilustrasi

loket-tiket-stasiun-gubeng0

Pengguna transportasi kereta ekonomi segera mendapat keringanan. Tarif kereta api kelas ekonomi yang berangkat atau menuju stasiun di Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya akan disubsidi pemerintah hingga separo harga. Kebijakan tersebut berlaku mulai 1 Maret mendatang.

Tarif yang berlaku sejak 1 Januari sampai akhir Februari nanti masih mengacu jarak parsial. Yakni, fluktuatif berdasar tarif batas bawah dan atas. Nah, subsidi dari pemerintah membuat tarif jauh atau dekat menjadi sama (tarif tunggal).

Meski subsidi baru dikucurkan sekitar 1,5 bulan lagi, hal tersebut tidak memengaruhi tarif kereta lokal (antarkota dalam provinsi) dan komuter. Tarif kereta jarak dekat diberlakukan mulai 1 Januari 2015.


Sedikitnya lima kereta jarak menengah atau jauh menuju/berangkat dari stasiun besar di Surabaya, Gubeng atau Pasar Turi. Dua kereta lain bertolak dari Stasiun Malang. Sedangkan KA lokal mencapai sebelas kereta.

”Agenda itu (pemberian subsidi) sudah disetujui pemerintah agar tepat sasaran,” ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 8 Sumarsono.

Kendati tidak ada perubahan untuk tarif kereta lokal, jajarannya tetap menyosialisasikan jauh-jauh hari sebelum tarif anyar diberlakukan. Dengan demikian, masyarakat bisa segera mengetahuinya.

Kebijakan itu berdasar hasil evaluasi Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Yakni, terkait penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik bidang angkutan kereta api pelayanan kelas ekonomi tahun anggaran 2015. Sumarsono menjelaskan, jumlah subdisi penumpang KA kelas ekonomi 2015 sebesar Rp 1,5 triliun. Jumlah itu naik sekitar Rp 240 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar Rp 1,2 triliun.

”Kenaikan disebabkan inflasi, kenaikan tarif dasar listrik, dan komponen lain,” terangnya. Meski tarif disubsidi, lanjut Sumarsono, kualitas pelayanan KA kelas ekonomi tidak akan dikurangi. ’’Diharapkan masyarakat dapat menikmati pelayanan angkutan kereta dengan tarif terjangkau,’’ imbuhnya. (sep/c10/oni)