Alhamdulillah, Biaya Naik Haji Bakal Lebih Murah

ibadah haji tahun 2019, haji 2019
Ilustrasi Haji

POJOKSATU.id, JAKARTA – Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama (Kemenag) bakal secara maraton menuntaskan pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2016. Pasalnya mereka mengejar target BPIH harus beres sebelum 30 April.

Meski belum ditetapkan, ongkos haji tahun ini berpotensi turun lebih murah dibanding tahun lalu. Prakiraan penurunan BPIH itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR Khatibul Umam Wiranu Rabu malam (27/4/2016).

Dia mengatakan setelah jeda beberapa hari, pembahasan BPIH bersama Kemenag dimulai lagi tadi malam. “Bahkan kita akan maraton Kamis, Jumat, sampai Sabtu besok,” katanya.

Politikus Partai Demokrat itu mengaku optimistis pada tahun ini bakal terjadi penurunan BPIH. Hitung-hitungan sederhananya, dia mendapatkan angka penurunan BPIH sekitar Rp 3 juta per jamaah.


Pria kelahiran Purwokerto itu mengatakan, tahun lalu rata-rata BPIH sekitar Rp 34 juta per jamaah. Lonjakan BPIH rata-rata karena BPIH dalam bentuk dolar Amerika Serikat (USD), sehingga nilai riil dalam Rupiah (Rp) bisa berubah-ubah.

“Tahun ini BPIH bisa Rp 31 juta per jamaah. Sebagaimana usulan yang ditawarkan FPD (Fraksi Partai Demokrat, red),” jelasnya.

Dia mengatakan, hitung-hitungan penurunan ongkos haji itu sudah mempertimbangkan penurunan harga minyak dunia kecenderungan penguatan mata uang rupiah. Selain itu, tahun ini BPIH akan dipatenkan dalam kurs Rupiah agar tidak terpengaruh terhadap kurs USD atau pun riyal Saudi Arabiya (SAR).

(wan/jpg/PS)