Properti Seharga di Atas Rp1 Miliar Semakin Diminati

SEDANG DIBANGUN: Seorang warga sedang melintas di lokasi Perumahan Ubud, Pondokungu Permai, Bekasi Utara, masih dalam proses pembangunan.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pasar properti high-end kini merambah ke Sidoarjo. Permintaan lokal terhadap properti dengan harga di atas Rp 1 miliar terus meningkat.

General Manager Proyek Citra Garden Vica Yustisiana menyatakan, potensi pasar high-end di Sidoarjo sangat besar. Apalagi, belum banyak pengembang di kota tersebut yang menyasar kalangan menengah ke atas.

Menurut Vica, pasar properti di Sidoarjo masih didominasi rumah baru dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Sebab, mayoritas pembeli rumah di atas Rp 1 miliar memilih membeli rumah di Surabaya.

Padahal, rumah secondary seharga lebih dari Rp 1 miliar di Sidoarjo mulai banyak. “Kecenderungan pembeli itu karena alasan pekerjaan dan keluarga sehingga permintaannya terus meningkat,” jelasnya.


Sekitar 70 persen pembeli rumah di Sidoarjo adalah warga Sidoarjo sendiri. Sisanya berasal dari Surabaya dan kota-kota lainnya.

Karena itu, dia meyakini hampir sebagian besar pembeli adalah end user. “Sebagian besar memilih mekanisme kredit perbankan. Makanya, penurunan suku bunga kredit properti juga mendorong konsumen membeli properti,” ucapnya, seperti dikutip Jawapos.com.

Meski end user, para pembeli juga memperhatikan nilai investasi yang ditanamkan. Menurut dia, para pembeli cenderung memilih cluster baru ketimbang lama. Sebab, kenaikan harga yang ditawarkan juga lebih tinggi.

“Tipe yang digemari juga khas end user, tipe besar yang sesuai dengan kebutuhan keluarga,” tambah Marketing Manager Citra Garden Illa Fardha Aulia.

Penjualan perdana untuk cluster baru pada Maret-April bisa terjual hingga 90 persen. “Cluster baru tersebut bisa mendongkrak penjualan hingga Rp 35 miliar,” lanjutnya.

Citra Garden berada di tengah Kota Sidoarjo dengan total luas lahan 36 hektare. Hingga kini 25 hektare sudah dikembangkan. Sementara itu, lahan yang tersisa baru dikembangkan 25 persen.

(res/c15/noe)