Penjelasan Lengkap mengenai Aplikasi Blast Whatsapp

Penjelasan lengkap mengenai aplikasi Blast Whatsapp, keunggulan, dan tips penggunaannya.
Penjelasan lengkap mengenai aplikasi Blast Whatsapp, keunggulan, dan tips penggunaannya.

POJOKSATU.id – Bagi pelaku bisnis yang secara rutin memasarkan produknya, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Blast Whatsapp. Hal ini ini terjadi karena saat ini sudah ada banyak sekali bisnis yang memanfaatkan teknologi perpesanan Whatsapp untuk memudahkan proses pemasarannya.


Namun, seperti apakah aplikasi atau software Whatsapp yang satu ini? Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai aplikasi Blast Whatsapp di bawah ini!

Sekilas tentang Aplikasi Blast Whatsapp

Aplikasi Blast Whatsapp adalah jenis aplikasi yang membantu perusahaan untuk menjangkau pelanggan potensial, mengotomatiskan proses komunikasi, dan memelihara prospek tersebut ke kesiapan penjualan sebagai upaya untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dalam strategi pemasaran.


Aplikasi untuk Blast Whatsapp bekerja dengan cara menyusun pesan informasi produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk dikirimkan ke audiens dalam jangkauan yang cukup luas.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat, Fitur dan Cara Kerja Aplikasi Sales Lapangan

Keunggulan Fitur Aplikasi Blast Whatsapp

● Pengiriman barang

Keuntungan utama dari perangkat lunak Blast Whatsapp adalah membantu pelanggan menemukan produk yang tepat melalui informasi penting yang dikirimkan kepada mereka tentang layanan & produk yang mereka minati.

Informasi ini mencakup gambar berkualitas tinggi, file audio, teks, video, dokumen seperti katalog dan brosur, dll.

Informasi tersebut juga menyertakan tautan ke situs web untuk memastikan bahwa pelanggan dapat memesan produk dari fitur obrolan.

Ketika pelanggan mendapatkan proses pembelian yang mudah, mereka akan melakukan lebih banyak pembelian dari situs web. Pada akhirnya hal ini akan membantu meningkatkan penjualan bisnis.

● Cara Terjangkau

Manfaat signifikan lainnya dari paket pesan massal adalah cara yang efisien namun terjangkau untuk perencanaan dan integrasi alat pemasaran melalui WhatsApp.

WhatsApp adalah pilihan pertama orang-orang melalui email dan panggilan suara untuk berinteraksi dengan perusahaan bisnis. Pada akhirnya, WhatsApp akan terbukti lebih bermanfaat bagi bisnis dalam jangka panjang.

● Kirim Pemberitahuan / Notifikasi

Alasan lain mengapa bisnis lebih memilih Blast Whatsapp daripada mode lain adalah Anda dapat mengirim pemberitahuan tentang pemesanan, pengiriman, pembatalan, dan konfirmasi secara tepat waktu.

Anda juga dapat mengingatkan pengguna tentang tanggal jatuh tempo pembayaran dengan mengirimkan pengingat tepat waktu. Pesan pemberitahuan atau pesan informasi memberikan rincian pesanan dan spesifikasi pesanan kepada pengguna.

Selain itu, perangkat lunak Blast Whatsapp juga memastikan bisnis mengirim pesan yang dipersonalisasi secara massal kepada pelanggan mereka.

Baca Juga : Aplikasi Broadcast WhatsApp Aman dan Terpercaya

● Dukungan Pelanggan

Apa yang lebih baik daripada memberikan dukungan 360 derajat kepada pelanggan Anda? Nah, perangkat lunak Blast Whatsapp memungkinkan Anda memberikan dukungan pelanggan sepanjang waktu melalui chatbot.

Chatbots mengirim balasan instan otomatis ke pelanggan dalam bentuk salam, FAQ, pesan selamat datang, dan jawaban standar untuk pertanyaan umum.

Staf pendukung akan dapat menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan secara efektif melalui perangkat lunak.

Staf tidak hanya dapat mengidentifikasi akar masalah tetapi juga tetap berhubungan dengan pelanggan sampai mereka menyelesaikan masalah.

● Pengiriman Pesan Cepat

Yang terakhir, perangkat lunak Blast Whatsapp juga dapat memastikan pengiriman pesan yang cepat dan menjamin uptime 99%.

Bisnis dapat memantau lalu lintas dan menyeimbangkan beban sesuai dengan lokasi geografis pembeli dan untuk memastikan bahwa pengguna menerima pesan tepat waktu.

Contoh Penggunaan Fitur Blast Whatsapp

1. Penawaran Musiman & Liburan

Pada hari-hari populer atau hari libur nasional, dan selama libur panjang, orang-orang cenderung tertarik untuk membeli sesuatu yang baru untuk mereka atau sebagai hadiah.

Saat itulah mereka mencari diskon, penawaran, dan kupon. Bahkan tawaran pengiriman gratis dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Oleh karena itu, fitur Blast Whatsapp dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi mengenai penawaran khusus ini.

2. Proactive Sale

Melalui fitur Whatsapp Blast, Anda dapat menciptakan suasana antusias untuk produk atau layanan Anda bahkan sebelum peluncurannya melalui fitur reminder.

Anda dapat memberi tahu orang-orang bahwa mereka dapat menelusuri produk bahkan sebelum penjualan sebenarnya dimulai & mendapatkan produk favorit mereka sebelum kehabisan.

Ini sangat berguna jika pesaing Anda juga menjalankan penawaran pada saat yang sama.

3. Penjualan Bulanan

Saat akhir bulan, banyak sekali bisnis yang ingin menyingkirkan inventaris sebelum memulai dengan penjualan produk yang baru di bulan baru atau meningkatkan penjualan Anda.

Dalam konteks ini, Anda dapat memanfaatkan Whatsapp Blast untuk menyebarluaskan pesan promosi akhir bulan untuk mendapatkan pelanggan baru.

4. Peluncuran Produk Baru

Merek yang sukses dapat membangkitkan keinginan calon pembeli untuk membeli dan menggunakan produk mereka saat baru diluncurkan.

Anda dapat melakukan hal yang sama & bahkan memberikan bonus melalui fitur Blast Whatsapp ketika Anda meluncurkan produk baru.

Penjualan dari peluncuran baru akan membantu Anda mendapatkan umpan balik dengan cepat dan mengulangi produk untuk peluncuran mendatang.

5. Pemberitahuan Restock

Ketika suatu barang terjual habis sekali, banyak pelanggan percaya bahwa barang itu kemungkinan akan terjual lagi. Hal ini menunjukkan bahwa produk tersebut benar-benar bermanfaat, bagus dan populer.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fitur Blast Whatsapp untuk mengirimkan pemberitahuan mengenai restock produk agar calon pelanggan yang sudah menanti-nantikan produk tersebut dapat langsung membelinya.

6. Hadiah Loyalitas

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru kemungkinan besar 5 kali lebih tinggi daripada biaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Itulah mengapa retensi pelanggan penting untuk menjaga pengeluaran pemasaran Anda tetap rendah dan membangun audiens yang setia.

Cara terbaik untuk membuat pelanggan datang kembali adalah dengan menawarkan bonus atau diskon melalui Whatsapp Blast agar pelanggan lama tertarik untuk membeli lagi.

7. Upselling

Upselling adalah saat Anda menawarkan pelanggan untuk membeli item dengan harga lebih tinggi, bundel, atau upgrade produk untuk durasi atau fitur yang lebih lama.

Ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pelanggan yang sama karena biaya Anda untuk mendapatkan pelanggan tetap apakah dia membeli dengan harga yang lebih rendah atau yang lebih tinggi.

Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan fitur Blast Whatsapp untuk melakukan up selling produk.

8. Keterlibatan kembali (Re-Engagement)

Seperti hadiah loyalitas, cara lain untuk membuat pelanggan lama Anda membeli lagi adalah dengan mengirimkan pesan re-engagement kepada mereka. Dengan begitu banyak kesibukan, masuk akal jika pelanggan melupakan merek Anda.

Jadi ingatkan mereka lagi dengan mengirimkan pesan melalui Whatsapp Blast. Untuk memotivasi lebih lanjut, Anda dapat menambahkan diskon.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai WA Blast

Tips dalam Menggunakan Aplikasi Blast Whatsapp

● Tentukan tujuan Anda

Anda harus terlebih dahulu menuliskan tujuan melakukan inisiatif pemasaran WhatsApp Blast.

Baik ketika Anda ingin mempromosikan produk baru, berbagi informasi tentang diskon apa pun, atau ingin mendaftar untuk aktivitas apa pun seperti webinar atau lokakarya. Dengan demikian, Anda dapat membingkai komunikasi Anda.

● Cari tahu target audiens Anda

Strategi pemasaran WhatsApp Blast Anda akan bergantung sepenuhnya pada target audiens Anda. Jenis bahasa, penggunaan jargon, clickbait, dll. Ini akan bervariasi berdasarkan preferensi target Anda.

Alat seperti perangkat lunak CRM dapat membantu dalam memahami perilaku demografis dan psikografis pelanggan Anda.

● Buat daftar pelanggan

Daftar pelanggan dapat dibuat dengan cepat dengan menyediakan beberapa konten berharga gratis kepada konsumen dan kemudian meminta mereka untuk memberikan informasi kontak dasar mereka.

Anda bahkan dapat menyertakan opsi ‘contact my Whatsapp’. Konsumen yang memilih informasi ini kemudian dapat ditambahkan langsung ke daftar kontak Anda.

● Rancang komunikasi Anda terlebih dahulu

Anda harus menyiapkan strategi komunikasi Anda sebelum mengirim pesan pertama. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa pelanggan yang menerima pesan akan menggunakan smartphone.

Ini berarti Anda bahkan dapat mengirimi mereka tautan ke produk atau situs web Anda dan meningkatkan tingkat konversi.

● Gunakan WhatsApp Blast untuk Memperluas Dukungan Pelanggan

Melalui aplikasi Blast Whatsapp dan versi desktop, pelanggan Anda dapat menjangkau permintaan apapun dengan cepat.

Sebagai merek, Anda dapat memberikan solusi instan kepada pelanggan Anda dan terhubung dengan mereka pada tingkat yang dipersonalisasi melalui WhatsApp.

● Bagikan Penawaran Menarik melalui WhatsApp

Anda dapat mengirimkan penawaran dan promosi menarik dengan pelanggan lama Anda untuk memastikan pembelian berulang. Blast Whatsapp juga merupakan platform yang cukup populer untuk selling dan cross selling penawaran Anda ke basis pelanggan Anda.

● Pertahankan Kualitas Konten dalam Pesan Anda

Komunikasi pemasaran WhatsApp Blast Anda harus berkualitas tinggi. Ini penting untuk menciptakan kesan sebagai merek dan menarik pelanggan baru. Ingatlah bahwa pesan singkat namun kuat bekerja dengan sangat baik di WhatsApp.

● Manfaatkan Fitur Panggilan WhatsApp

Jika ada pelanggan Anda yang meminta informasi lebih lanjut atau ingin terhubung dengan perwakilan penjualan Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur panggilan WhatsApp Massal.

Ini akan memastikan bahwa segera setelah pelanggan mengirim permintaan untuk terlibat dengan merek Anda, Anda dapat segera terhubung dengan mereka.

● Jangan Meremehkan Fitur Obrolan Grup

Fitur obrolan Grup memungkinkan bisnis menjadi interaktif dengan grup target mereka dan memahami psikometri mereka. Fitur ini juga banyak digunakan untuk melakukan survei dan menganalisis preferensi pelanggan.

Baca Juga : Pengertian, Fitur, Syarat Ketentuan dan Status Nomor Pada Saat Menggunakan Whatsapp API

Rekomendasi Aplikasi Blast Whatsapp Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini aplikasi Blast Whatsapp memiliki banyak sekali fitur yang berguna untuk memaksimalkan proses pemasaran.

Dengan menggunakan aplikasi Blast Whatsapp, proses pengiriman pesan pemasaran juga menjadi lebih aman karena sudah didukung dengan fitur keamanan canggih.

Oleh karena itu apabila Anda tertarik untuk mendapatkan kemudahan dari fitur Blast Whatsapp, Anda dapat memilih aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak adalah aplikasi terpercaya yang dapat dikustomisasi dengan mudah melalui panduan yang diberikan.

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak keunggulan utama, seperti laporan penjualan komprehensif, informasi riwayat pelanggan rinci, dan dukungan purna jual sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat kemudahan hanya melalui satu aplikasi saja, yaitu Mekari Qontak.

Kesimpulan

Demikianlah tadi telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai aplikasi Blast Whatsapp, keunggulan, dan tips penggunaannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini perusahaan sudah tidak perlu lagi mengirimkan informasi produk atau layanan secara manual kepada masing-masing pelanggan, karena mereka sudah dapat memanfaatkan aplikasi Blast Whatsapp.

Oleh karena itu bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan ragam manfaat dari aplikasi ini, pilihlah aplikasi yang terpercaya seperti Mekari Qontak agar dapat memanfaatkan fitur yang tersedia secara maksimal. ***