Tips Memilih Bahan Shampo yang Cocok untuk Rambut Kering

Tips Memilih Bahan Shampo yang Cocok untuk Rambut Kering

POJOKSATU.ID – Rambut kering adalah salah satu masalah yang kerap menjadi keluhan. Salah satu cirinya adalah rambut menjadi kusam dan susah diatur. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan berkeramas, kemudian memilih shampo khusus.


Dikutip dari pickybest.id, sebenarnya tidak ada aturan pasti kapan sebaiknya keramas untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun, keramas setiap hari mungkin akan dianjurkan bagi orang yang punya kulit kepala berminyak atau tinggal di wilayah yang sangat lembab.


“Namun, bagi yang tidak memiliki masalah tersebut, sebaiknya keramas setiap 2–3 hari sekali saja. Ini dilakukan agar kelembaban rambut tetap terjaga,” ujar ahli Dermatologi Mamatha S Kusagur.

Rambut kering umumnya terjadi akibat kurangnya kelembaban pada kulit kepala Anda. Hal ini membuatnya terlihat kusam dan tampak keriting.

Ketika rambut Anda sehat, maka minyak alami pada lapisan luar membantu melindungi lapisan dalam.

Sebaliknya, ketika rambut Anda kering, lapisan terluar rambut akan rusak sehingga warnanya terlihat kusam dan tidak sehat.  Maka, kelembaban rambut merupakan elemen penting dari rambut yang dan berkilau.

Lantas, apa saja bahan shampo untuk rambut kering yang cocok mengatasi masalah tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Shampo dengan pH rendah

Kandungan pH rendah dalam sebuah shampo baik digunakan untuk Anda yang memiliki rambut kering. Berdasarkan penelitian International Journal of Trichology, pH yang terlalu tinggi akan meningkatkan muatan listrik negatif pada permukaan rambut. Akibatnya, gesekan antar serat rambut akan semakin banyak.

Akibatnya adalah kerusakan kutikula dan serat yang mungkin membuat rambut terlihat kusut. Maka, shampo dengan pH yang lebih rendah, yaitu tidak lebih dari 5,5 cocok untuk rambut kering. Lalu, pH sampo yang rendah juga membantu menjaga kelembaban rambut.

  1. Minyak

Semakin banyak kandungan minyak sebuah sampo, peluang untuk membuat rambut berkilau juga semakin tinggi. Hal ini akan membantu bagi Anda yang memiliki rambut kering.

Minyak alpukat dan zaitun dipercaya menjadikan rambut lebih lembut dan tampak berkilau. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari International Journal of Trichology.

Para peneliti sepakat beberapa minyak nabati mampu mencegah kerusakan pangkal rambut dan mengurangi risiko rambut patah.

Kemudian, kandungan minyak dalam sebuah sampo juga dapat menembus lapisan rambut dan mengurangi jumlah air terserap. Sehingga, akan menurunkan risiko rambut terlihat mengembang. 

  1. Kandungan alkohol tertentu

Jenis alkohol tertentu tidak mempunyai muatan listrik yang bisa membuat rambut tampak kusut. Beberapa jenis alkohol dalam sebuah produk perawatan rambut tidak akan mengganti senyawanya dalam larutan air karena sifatnya tidak dapat dipisahkan.

Berikut beberapa jenis alkohol yang bisa Anda lihat dalam shampo yang cocok untuk rambut kering.

  • Cetearyl alkohol
  • Cetyl alkohol
  • Stearyl alkohol

Jika Anda kesulitan mengingatnya, Anda bisa mengenali jenis alkohol tersebut dengan huruf depan ‘C’ dan ‘S’.

Merawat Rambut Kering

Merawat rambut kering tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh seperti halnya dengan perawatan pada umumnya. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kelembaban rambut:

  1. Pilih sampo yang tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih shampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Untuk rambut yang kering, gunakan sampo dengan

bahan yang mampu melembabkan rambut. Misalnya seperti minyak argan, minyak zaitun, minyak almond atau minyak argan. Kandungannya mampu mengunci kelembaban rambut lebih lama sehingga menjadikan rambut tampak lembut dan halus. 

  1. Oleskan kondisioner

Anda juga butuh kondisioner agar meningkatkan kelembaban rambut. Cara agar helai rambut Anda tidak terhidrasi adalah dengan menggunakan deep conditioner.

Deep conditioner butuh waktu lebih lama agar kandunganya menyerap sempurna pada rambut. Saat mampu terserap dengan baik, kondisioner dapat memberi rambut kelembaban dalam waktu lama. Penggunaan kondisioner bisa membuat rambut lebih lentur dan halus.

  1. Keringkan rambut dengan benar

Apakah Anda sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer? Jika demikian, kemungkinan besar kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab rambut kering.

Setelah keramas, rambut yang basah sangat rapuh, sehingga Anda tidak boleh asal mengeringkannya agar tidak rontok. 

Gunakan kain lembut yang tidak menimbulkan gesekan terlalu banyak. Mengeringkan rambut dengan benar  juga membantu mencegah rambut kering karena langkah ini mampu menyerap air berlebih tanpa menghilangkan tingkat kelembaban rambut.

(adv/dia/pojoksatu)