Fitur Terlengkap Online Timesheet Software Terbaik Talenta by Mekari

Aplikasi timesheet untuk produktivitas maksimal by Mekari.
Aplikasi timesheet untuk produktivitas maksimal by Mekari.

POJOKSATU.id – Online timesheet software merupakan perangkat lunak yang akan banyak membantu dalam proses bisnis dalam sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, jam kehadiran dan pulang karyawan ketika bekerja akan dicatat dan direkam dalam sebuah dokumen maupun file yang disebut timesheet.


Dengan timesheet, perusahaan akan lebih mudah untuk menghitung jumlah atau total jam kerja karyawan secara cepat dan akurat.

Karenanya catatan timesheet baik berupa dokumen maupun file merupakan salah satu data penting perusahaan karena akan berpengaruh terhadap jumlah gaji yang akan diterima oleh karyawan.


Tidak hanya untuk pencatatan jam kerja karyawan saja, timesheet juga digunakan untuk mencatat data proyek, klien dan pekerjaan lainnya yang dilakukan karyawan tersebut. Sehingga fungsinya juga sebagai dokumentasi semua kegiatan yang dilakukan karyawan sebuah perusahaan.

Berdasarkan kebutuhan dan kebijakan perusahaan, timesheet ini mempunyai banyak jenisnya. Untuk kemudahan mengelola timesheet ini dapat dilakukan menggunakan online timesheet software dan untuk membahasnya mati kita simak ulasannya lebih lanjut.

Baca Juga : Mengenal Layanan e-filling untuk Wajib Pajak SPT

Mengenal Timesheet Beserta Jenisnya Secara Umum

Bila diartikan berdasarkan istilahnya, timesheet mempunyai arti selembar kertas yang digunakan oleh karyawan untuk mencatat jumlah jam kerjanya pada sebuah perusahaan.

Sehingga timesheet baik berupa dokumen maupun file merupakan catatan yang berisi data tentang jam masuk dan pulang karyawan tersebut.

Istilah timesheet juga merujuk pada media pencacatan untuk menghitung jam kerja karyawan baik pada media fisik maupun virtual.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia juga sering disebut dengan lembar kerja karyawan. Beberapa hal yang dicatat ke dalam time sheet sendiri adalah sebagai berikut :

• Jam masuk.
• Jam pulang.
• Tugas yang dikerjakan.
• Proyek.
• Klien.
• Berbagai hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan.

Timesheet atau lembar kerja menjadi dasar untuk menghitung jumlah atau total jam kerja karyawan, hal ini menjadi komponen utama dalam perhitungan gajinya.

Karenanya dalam pengisiannya harus dilakukan dengan teliti guna menghindarkan kesalahan yang dapat merugikan pihak karyawan maupun perusahaan.

Karenanya kini software atau aplikasi khusus seperti online timesheet software banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Pencatatan timesheet atau lembar kerja ini umumnya dilakukan pada medis kerja berbentuk punch card, microsoft excel atau spreadsheet hingga aplikasi atau software khusus seperti online timesheet software. Hal terpenting disini adalah semua jam kerja karyawan dapat tercatat dengan baik disini.

Baca Juga : Sistem Payroll: Pengertian, Proses, Tujuan, dan Metodenya

Beberapa Jenis Timesheet Karyawan

Bila dilihat dari jenisnya sendiri, timesheet atau lembar kerja dapat dibagi berdasarkan bentuk dan fungsinya.

Berdasarkan bentuk disini adalah merujuk pada bentuk fisik sebagai media pencatatannya. Berikut beberapa jenis timesheet yang dibedakan berdasarkan bentuknya :

1. Timesheet kertas atau hardcopy

Sesuai dengan namanya, jenis timesheet yang satu ini memang menggunakan media fisik seperti kertas dalam pencatatannya. Pada awalnya media ini memang banyak digunakan untuk menghitung jam kerja karyawan atau pekerja sebagai dasar penghitungan gajinya.

Karena terbilang masih manual atau konvensional, media ini sering menemui kendala maupun kesalahan dalam perhitungannya sehingga tidak efisien.

Belum lagi dengan resiko seperti hilang atau rusak yang tentunya akan cukup vital kerugian yang diakibatkannya.

2. Timesheet digital atau softcopy

Seiring berkembangnya teknologi juga membawa perubahan pada bentuk timesheet itu sendiri, semua semua dicatat dalam bentuk kertas kini sudah dalam bentuk digital seperti online timesheet software.

Model timesheet ini kini lebih digemari karena proses pengerjaan dan perhitungannya bisa dilakukan lebih cepat dengan resiko hilang atau rusak yang kecil.

Data jam kerja karyawan nantinya akan direkam dan dicatatkan ke dalam memori penyimpanan perangkat komputer maupun secara online.

Kemudian perhitungan jam kerja juga dapat dilakukan secara otomatis. Akan tetapi pastikan untuk memilih software khusus bisnis yang dikembangkan oleh pengembang atau vendor terpercaya.

Jenis timesheet selanjutnya juga dapat dibagi berdasarkan fungsinya dimana fungsi ini merujuk pada waktu pencatatannya. Bila berdasarkan fungsinya, timesheet dapat dibagi menjadi :

1. Timesheet mingguan

Sesuai namanya, timesheet ini memang mencatat jam kerja karyawan dalam periode mingguan dan umumnya digunakan oleh perusahaan kecil. Selain itu jenis timesheet ini juga umumnya digunakan untuk karyawan dengan masa kontraknya jangka pendek.

Baca Juga : Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Online bagi Perusahaan

2. Timesheet bulanan

Untuk perusahaan dengan ruang lingkup yang lebih besar umumnya menggunakan jenis timesheet bulanan. Dengan pencatatan dalam periode bulanan juga akan membantu perusahaan dalam pemantauan kinerja karyawannya lebih mudah dilakukan. Jenis ini dapat menyimpan data pekerjaan yang lebih banyak di dalamnya.

3. Timesheet shift

Jenis timesheet yang satu ini umumnya akan membagi jam kerja karyawan baik jam masuk maupun keluarnya dalam 3 waktu atau shifting selama 24 jam. Pola jam kerja dengan sistem ini umumnya adalah setiap 2 minggu sekali untuk setiap karyawannya.

4. Timesheet project

Jenis yang terakhir adalah berdasarkan project yang biasa digunakan untuk pekerjaan dalam sebuah event atau acara tertentu. Umumnya project yang dilakukan dalam waktu yang singkat.

Manfaat Timesheet Karyawan Untuk Perusahaan

Manfaat atau fungsi utama dari timesheet ini adalah untuk menjaha efektivitas kerja karyawan sehingga pekerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu.

Dari sini kita dapat melakukan analisa pada beban kerja karyawan, kita dapat menilai apakah beban kerja yang diberikan terlalu banyak, sesuai atau terlalu sedikit.

Namun bila perusahaan sudah semakin besar dengan karyawan yang semakin banyak dan pekerjaan yang semakin kompleks maka pengawasan kegiatan karyawan serta keberadaannya pada jam kerja sulit dilakukan.

Padahal kita tahu bahwa kehadiran karyawan serta penggunaan waktu kerjanya yang efisien akan sangat mempengaruhi produktivitas kerjanya.

Dengan meminta karyawan untuk mengisi timesheetnya tentu akan meminimalisir karyawan yang datang terlambat, pulang lebih awal hingga malas-malasan dalam bekerja.

Namun tentunya pencatatan ini jangan sampai menyusahkan karyawan itu sendiri, karenanya penggunaan online timesheet software tentu akan sangat membantu. Perihal manfaat timesheet itu sendiri adalah sebagai berikut :

1. Meminimalisir pemborosan waktu

Dengan timesheet membuat karyawan lebih memahami tugas mana yang membutuhkan banyak waktu, tenaga maupun yang lebih penting untuk diselesaikan. Penggunaan online timesheet software akan sangat mengoptimalkan waktu khususnya dalam hal pencatatan hingga pencarian file.

2. Transparansi kerja yang meningkat

Dengan adanya fitur time tracking membuat transparansi kerja dalam perusahaan juga akan semakin meningkat.

Disini perusahaan dapat mengawasi pekerjaan setiap karyawannya dan karyawan juga menyadari bahwa mereka harus terus melaporkan jam kerjanya dan berusaha meningkatkan produktivitas.

Baca Juga : Absensi Mobile Solusi Praktis dalam Mengelola Data Absensi

3. Meningkatkan project management

Dengan adanya timesheet perusahaan dapat menganalisa seluruh proyek yang dikelolanya. Disini perusahaan dapat menganalisa waktu yang digunakan untuk mengetahui siapa yang memberikan impact terbaik maupun siapa yang beban kerjanya terlalu banyak. Tujuannya adalah untuk menempatkan karyawan sesuai dengan keterampilannya serta membagi tugas pekerjaan secara merata.

4. Mengefisienkan anggaran perusahaan

Pencatatan waktu kerja pada timesheet juga membantu perusahaan dalam melacak anggarannya dengan membandingkan jumlah waktu kerja dengan outputnya.

Dengan pengelolaan waktu secara efisien tentunya membuat pekerjaan lebih cepat diselesaikan dan memberikan hasil yang maksimal. Hal ini juga akan membuat perusahaan akan menghemat banyak anggaran.

5. Terjaganya keakuratan tagihan

Ketika perusahaan mempunyai proyek dengan klien maka dengan adanya timesheet membuatnya dapat menentukan tagihan dengan akurat. Selain itu juga akan membuat klien tidak mengkhawatirkan status proyeknya.

Disini perusahaan dapat memberitahukan kepada klien bahwa proyek sedang ditangani secara efektif dan efisien serta uang yang mereka alokasikan memang tidak sia-sia.

Fitur Utama Pada Online Timesheet Software

Hingga saat ini sudah banyak pengembang atau vendor yang mengeluarkan online timesheet software. Tentu setiap software tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Akan tetapi ada ada beberapa fitur utama yang akan ada pada online timesheet software seperti :

1. Timesheet

Fitur timesheet merupakan fitur utama pada online timesheet software yang berguna untuk melacak perhitungan waktu kerja setiap karyawan.

Nantinya jam masuk dan pulang serta total jam baik harian, mingguan hingga bulanan karyawan dapat dihitung secara otomatis dengan fitur ini.

2. Task management

Software yang satu ini juga dituntut mempunyai kemampuan dalam pengelolaan tugas karyawan. Dengan fitur task management perusahaan dapat memantau pendelegasian tugas serta melacak berapa lama waktu yang dibutuhkan karyawan dalam menyelesaikan tugasnya.

3. Location tracking

Selanjutnya ada fitur location atau GPS tracking yang berfuna untuk memantau lokasi karyawan. Sehingga dengan menggunakan online timesheet software tentunya akan sangat membantu perusahaan yang menerapkan bekerja dari rumah maupun yang memiliki karyawan freelance, dinas luar hingga pekerja lapangan.

4. Alert

Untuk menjaga agar setiap karyawan tetap manaati kebijakan perusahaan yang berlaku maka perusahaan dapat mengaktifkan fitur alart atau alarm.

Sehingga bila karyawan melakukan sebuah pelanggaran tertentu pada saat bekerja maka software dapat segera memberikan peringatan.

5. Screen monitoring

Terakhir ada fitur screen monitoring yang terdapat pada online timesheet software. Tujuannya adalah untuk melacak atau memantau aktivitas apa saja yang dilakukan karyawan pada perangkat yang mereka gunakan saat jam kerja.

Secara umum fitur ini bekerja dengan cara membuat screenshot dari desktop komputer atau laptop karyawan sewaktu-waktu.

Kemudian hasil screenshot ini nantinya akan dikirim ke bagian berwenang seperti HRD. Dengan begitu pihak terkait dapat memastikan bahwa setiap karyawan memang bekerja dengan baik dan produktif pada jam kerjanya.

Baca Juga : Software Attendance Management dengan Bahasa Indonesia akan Membantu Meningkatkan Produktivitas

Online Timesheet Software Terbaik by Mekari

Bila Anda mencari online timesheet software tentunya akan ada banyak pilihan, namun software dari Mekari merupakan salah satu yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Mekari sendiri merupakan pengembang atau vendor berbagai jenis aplikasi serta software khusus bisnis yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Software timesheet berbasis online dari Mekari akan memudahkan dalam monitoring dan kontrol tugas, mengefektifkan penggunaan jam kerja karyawan hingga pengelolaan SDM yang lebih baik dan teratur.

Untuk informasi lengkap tentang software bisa Anda lihat di https://www.talenta.co/fitur/attendance-management/aplikasi-online-timesheet/.

Laporan pencatatan kegiatan juga akan disajikan dalam satu dashboard yang lengkap serta selalu update, Anda dapat menarik laporannya kapan saja secara real-time.

Untuk keamanannya tentu Anda sudah tidak perlu ragu lagi sebab pengembang Mekari telah menggunakan standar internasional dalam hal keamanan data.

Segera buktikan manfaatnya untuk kemajuan bisnis perusahaan melalui https://www.talenta.co/en/features/attendance-management-software/online-timesheet-app/

Selain itu dapatkan pula berbagai jenis aplikasi dan software khusus bisnis lainnya dari Mekari di https://www.talenta.co/ serta dapatkan dukungan dari tim ahlinya yang profesional.

Mekari juga menyediakan free demo agar Anda lebih yakin dalam menggunakan aplikasi serta software-nya.***