7 Manfaat Menggunakan Software Payroll Bagi Perusahaan

Software Payroll Bagi Perusahaan by Mekari.
Software Payroll Bagi Perusahaan by Mekari.

POJOKSATU.id – Menerima gaji setelah melakukan pekerjaan adalah hak setiap pekerja. Pada saat menerima gaji, biasanya kalian akan mendapatkan slip gaji yang berisi segala informasi seputar gajimu, dibarengi dengan uang gajimu.


Bagi kalian yang masih belum paham tentang dokumen ini, slip mengenai gaji adalah daftar yang berisikan informasi mengenai berbagai komponen gaji selama satu bulan atau periode.

Adapun rincian yang detail mengenai gaji beserta dengan tunjangan dari perusahaan dan dalam artikel ini, Kredit Pintar akan bagikan cara membuatnya.


Baca Juga : Mengenal eFaktur, Cara Memakai Aplikasi eFaktur, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Selain daripada sebagai sumber informasi yang jelas tentang gaji karyawan, tanda bukti pembayaran gaji juga merupakan bentuk transparansi yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya.

Selain itu, slip juga bisa digunakan sebagai dokumen utama untuk mengajukan kredit, bukti pekerjaan, dan juga perencanaan pajak penghasilan.

Jenis Slip Gaji

Ada beberapa jenis tanda bukti pembayaran gaji yang dibedakan berdasarkan status karyawannya, di antaranya:

● Untuk Karyawan Tetap

Jenis yang pertama adalah untuk gaji karyawan tetap. Informasi yang terkandung biasanya akan dijabarkan secara lengkap dan juga spesifik, apabila dibandingkan dengan karyawan harian atau kontrak.

Penyebab dari hal ini adalah karena biasanya karyawan akan menerima beberapa tunjangan, seperti asuransi kesehatan, dan juga komisi. Bonus juga biasanya disertakan apabila performanya melebihi ekspektasi.

● Untuk Karyawan Kontrak

Sebenarnya tidak ada yang membedakan format slip karyawan tetap dan karyawan kontrak. Hanya saja, di sini ada beberapa perubahan, yang disesuaikan dengan status kerja si karyawan itu sendiri.

Beberapa perusahaan juga memberikan beberapa tunjangan untuk karyawan kontrak mereka, dan informasi ini juga terkandung dalam tanda bukti pembayaran gaji.

Selain daripada itu, pada slip juga dicantumkan informasi mengenai periode kontrak yang berlangsung, jadi kedua pihak bisa sama-sama tahu.

Lalu, komponen PPh 21 juga biasanya tidak dimasukkan, sehingga karyawan diharuskan untuk melakukan perhitungan pajak sendiri.

● Untuk Pekerja Harian

Yang termasuk pekerja harian adalah karyawan yang biasanya bekerja dengan tarif per jam, per hari kerja, atau per proyek yang berhasil dikerjakan.

Maka dari itu, wajar jika format slip untuk gaji karyawan harian atau pekerja lepas memang berbeda. Bahkan, untuk freelancer sendiri, mereka biasanya tidak menerima tanda bukti pembayaran gaji dari klien.

Jadi, mereka langsung menerima dana saat setelah proyek mereka sudah selesai, tanpa adanya informasi tambahan dari tanda bukti pembayaran gaji.

Untuk karyawan harian yang ada pada perusahaan, biasanya mereka mendapatkan tunjangan seperti makan, transportasi, dan kehadiran, yang biasanya juga dimasukkan dalam slip dengan informasi yang lebih sederhana.

Baca Juga : Agar UMKM Terus Berkembang, Pastikan Gunakan Software Akuntansi untuk Proses Pembukuan

Regulasi Slip Gaji

Slip gaji adalah salah satu hal mendasar dan wajib diberikan perusahaan kepada karyawan. Peranan slip gaji telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah di mana memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja atau buruh pada saat upah dibayarkan.

Sedangkan untuk informasi apa saja yang harus dicantumkan pemberi kerja dalam slip gaji telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003.

Undang-undang ini menyatakan bahwa hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Kelola Slip Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Setiap bulannya karyawan akan menerima gaji dari hasil jerih payah kinerja mereka dan ada kalanya, seorang karyawan memerlukan rincian gaji dalam slip gaji untuk keperluan tertentu, seperti pengajuan kredit rumah maupun kendaraan.

Umumnya karyawan akan meminta HRD untuk membuat slip gaji ketika memerlukannya.

Sayangnya, HRD memiliki segudang tugas dan sering kali kewalahan dalam memenuhi permintaan dari karyawan. Akan tetapi, dengan menggunakan software payroll, semua proses pembuatan slip gaji dapat lebih mudah.

Software payroll adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mengelola dan memproses komponen gaji masing-masing karyawan untuk disajikan dalam bentuk rincian dalam slip gaji secara otomatis.

Biasanya software payroll akan terkoneksi langsung dengan software payroll lainnya yang berguna untuk menghitung gaji karyawan.

Sehingga staf HRD tidak perlu menghitung dan memindahkan data gaji ke format slip gaji secara manual, karena data komponen gaji yang diperlukan dapat langsung diambil dari sistem atau software payroll.

Baca Juga : 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Online Invoice untuk Bisnis

Manfaat Software Payroll Bagi Perusahaan

Slip gaji dapat dikatakan sebagai bukti sah bagi pembayaran gaji karyawan dalam suatu perusahaan. Dalam slip gaji akan tercantum sejumlah data pembayaran karyawan seperti gaji pokok, gaji tambahan, potongan gaji, potongan pajak, hingga jumlah gaji bersih yang diterima karyawan.

Data ini biasanya dilampirkan dalam sebuah kertas, namun dengan kemajuan teknologi saat ini kebutuhan kewajiban pembayaran gaji tersebut dapat dilakukan secara digital dengan memanfaatkan software payroll application seperti Talenta.

Keberadaan software payroll seperti ini tentu saja akan memberi banyak dampak positif bagi kehidupan perkantoran. Berikut ini manfaat aplikasi perkantoran slip gaji bagi perusahaan:

1. Pendataan Keuangan Karyawan Jelas

Keuangan menjadi hal yang sangat sensitif bagi perusahaan dan karyawan. Pendataan pembukuan perusahaan menjadi sebuah kewajiban bagi berjalannya perusahaan.

Salah satu pos yang tidak bisa dilepaskan adalah perihal pembayaran tenaga karyawan. Bila perusahaan memiliki banyak karyawan, software payroll bisa memberikan kemudahan dalam perhitungan serta pendataan pembayaran karyawan yang mudah dan pasti.

2. Software Payroll dapat Membuat Slip Gaji secara Online

Slip gaji umumnya dilampirkan dalam secarik kertas yang diserahkan pada karyawan pada saat pembayaran gaji baik dengan cara diberikan langsung maupun dikirimkan kepada rekening bank karyawan.

Kertas slip gaji tentu banyak memiliki keterbatasan seperti dapat mudah rusak karena air, keterbatasan halaman, serta detail yang bisa dimasukkan. Hal ini tidak akan ditemukan dalam slip gaji digital.

Aplikasi ini berjalan dalam berbagai sistem operasi smartphone yang memungkinkan karyawan bisa menerima data gajinya secara digital.

Data digital ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan karyawan hingga memudahkan pengarsipan data slip gaji karyawan untuk kebutuhannya. Bagi perusahaan, slip gaji ini tentu akan memudahkan pemberian data serta mengurangi kebutuhan kertas yang semakin mahal.

3. Transparansi Perhitungan Gaji

Detail mengenai perhitungan gaji karyawan menjadi salah satu hal yang cukup sensitif baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri.

Dengan data digital dalam software payroll maka semakin memungkinkan perusahaan untuk memberikan banyak detail dalam data yang tertulis pada slip gaji.

Transparansi perhitungan gaji juga akan menjadi pertimbangan karyawan dalam bekerja. Dengan transparansi penggajian yang baik, tingkat kepercayaan karyawan akan semakin tinggi sehingga berdampak pula pada kinerja karyawan pada perusahaan.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

4. Meminimalkan Biaya Operasional

Dengan keberadaan software payroll seperti Talenta maka perusahaan bisa menekan berbagai biaya operasional. Aplikasi software payroll ini juga sangat mudah dijalankan hanya dalam genggaman melalui smartphone.

Untuk kebutuhan slip gaji, bukti pembayaran secara digital tentu akan lebih murah dibanding harus membeli kertas dan tinta untuk mencetaknya.

Software payroll dari Talenta juga memberikan kemudahan pada sistem absensi karyawan dan perizinan. Talenta juga berfungsi sebagai aplikasi absensi online yang efektif dan efisien.

Perusahaan juga tidak harus membeli berbagai macam alat konvensional seperti printer untuk mencetak slip gaji, peralatan absensi mahal, dan kertas.

5. Akurasi Data

Setiap kantor perusahaan memiliki sistem penggajian yang berbeda-beda. Proses input data pembayaran karyawan akan semakin mudah bila sistem tersebut telah didigitalkan sehingga HR hanya tinggal memasukkan data tentang absensi, perizinan, dan berbagai komponen bonus serta potongan gaji bagi karyawan.

Sistem pembayaran yang telah disesuaikan akan menghitung secara otomatis gaji yang akan diterima oleh karyawan.

Data ini dapat diupdate secara real time sehingga perusahaan dapat memantau dan mengawasi keuangan terutama pada sistem penggajian. Akurasi data yang diberikan oleh aplikasi ini tentu sangat menguntungkan bagi perhitungan keuangan perusahaan.

6. Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan

Output slip gaji dari aplikasi berupa digital dengan format PDF. Perusahaan tidak perlu mengalokasikan biaya untuk pencetakan slip gaji setiap bulannya. Tiada lagi tumpukan kertas yang belibet dan membuat meja kerja staf HRD menjadi penuh.

7. Ramah Lingkungan

Karena berkurangnya penggunaan kertas, aplikasi membuat perusahaan lebih ramah lingkungan. Menurunnya limbah kertas menjadi nilai positif bagi citra perusahaan di mata masyarakat dan lingkungan itu sendiri.

Sekarang sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi bagi perusahaan untuk menerbitkan slip gaji digital dengan mudah. Melalui best payroll application Talenta, pengelolaan administrasi kehadiran atau absen hingga payroll akan lebih menguntungkan.

Bagi perusahaan, cukup dengan mendaftarkan data perusahaan resmi melalui website Talenta, lalu kelola akun untuk memulai memasukkan (invite) akun karyawan.

Bagi karyawan, dapat mengunduh best payroll application Talenta di Play Store dan App Store.

Ingat, slip gaji yang telah diterbitkan oleh perusahaan dapat di print dan dimintakan stempel resmi perusahaan yang bersangkutan untuk menambah validasi ketika slip gaji online akan digunakan untuk kepentingan tertentu.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Time Attendance System Berbasis Web Terbaik 2022

Software Payroll Application Talenta, Solusi Mengatur Gaji Karyawan dengan Mudah

Software HRIS Talenta memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile Talenta, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis.

Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba Talenta sekarang juga!***