Faktor Penting Saat Membandingkan Asuransi Jiwa

POJOKSATU.id – Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang memberikan banyak manfaat. Produk asuransi ini bisa memberikan perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomis jika sesuatu terjadi pada pemegang asuransi, seperti sakit atau meninggal dunia.


Dengan asuransi jiwa, Anda bisa melindungi kebutuhan ekonomi Anda jika terjadi risiko terhadap pencari nafkah selama masa produktif. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan hari tua yang sejahtera dan bahagia.

Ada banyak sekali produk asuransi jiwa dari banyak perusahaan asuransi yang ada. Dan setiap asuransi jiwa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda mengalami kesulitan memilih jenis asuransi ini, berikut adalah faktor-faktor yang harus Anda perhatikan saat bandingkan asuransi sekarang.


Dengan memerhatikan faktor-faktor ini, diharapkan Anda bisa mendapatkan asuransi jiwa terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, sebelum mengetahui apa saja faktor-fakto yang harus diperhatikan, tentu Anda juga harus sadar bahwa saat memiliki produk asuransi harus siap dengan premi yang dibayar di setiap bulannya.

Seperti diketahui, saat ini ada banyak produk asuransi jiwa dengan premi terjangkau dan biaya pertanggungan yang lumayan besar.

Misalnya, asuransi jiwa Pacific Life JELITA. Produk asuransi jiwa ini memiliki premi mulai dari Rp. 20.000. Dan uang pertanggungan yang bisa diperoleh bisa mencapai Rp500.000.000.

Reputasi Perusahaan Asuransi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih dan membandingkan produk asuransi jiwa adalah reputasi perusahaan asuransi yang menyediakan produk tersebut.

Perusahaan asuransi yang terkenal belum tentu memiliki reputasi yang baik. Karena itu, tidak peduli seberapa terkenal perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, penting bagi Anda untuk memeriksa reputasinya.

Anda bisa mengetahui reputasi sebuah perusahaan asuransi dengan memeriksa track record-nya selama beberapa tahun terakhir.

Di era serbadigital seperti saat ini, perusahaan asuransi yang profesional pasti memiliki website resmi dimana Anda bisa melihat track record perusahaan tersebut.

Di website resmi itu pula, Anda bisa melihat ulasan dari klien-klien perusahaan asuransi tersebut.

Tujuan dari mengetahui reputasi perusahaan asuransi adalah untuk memastikan seberapa aman dana yang Anda investasikan di produk asuransi jiwa dari perusahaan tersebut.

Dengan begini, Anda bisa memastikan Anda bisa mendapatkan hak Anda nantinya.

Kemudahan Proses Administrasi atau Klaim

Faktor penting selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah seberapa mudah proses administrasi atau proses klaim dari produk asuransi jiwa yang akan Anda pilih.

Kemudahan proses administrasi adalah hal yang sangat krusial karena cukup banyak ahli waris yang dirugikan dengan proses administrasi yang sulit dan berbelit saat mengajukan klaim.

Di saat kondisi berduka karena ada anggota keluarga yang sakit atau meninggal dunia, tentunya Anda ingin proses klaim segera selesai untuk bisa digunakan menutupi biaya yang diperlukan.

Dalam kondisi berduka, tentunya Anda tidak ingin terbebani lagi dengan proses klaim dan administrasi yang rumit. Karena itu, hal tersebut menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Pembayaran Premi

Premi asuransi adalah biaya yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Besar kecilnya premi yang Anda bayarkan tentunya akan berpengaruh terhadap manfaat yang akan Anda dapatkan.

Namun, belum tentu Anda membutuhkan semua manfaat yang ditawarkan oleh produk asuransi jiwa yang Anda pilih.

Yang harus Anda lakukan adalah memilih produk asuransi jiwa dengan biaya premi yang sesuai dengan anggaran Anda.

Hitung dengan hati-hati kemampuan finansial Anda dan tentukan besarnya jumlah premi asuransi yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya.

Jangan memaksakan memilih asuransi jiwa dengan biaya premi yang besar jika Anda tidak mampu membayarnya, karena ini hanya akan merugikan Anda.

Pilihlah produk asuransi jiwa dengan premi yang mampu Anda bayar, dan pastikan produk tersebut memiliki manfaat yang Anda butuhkan.
Jenis Asuransi Jiwa

Produk asuransi jiwa umumnya terbagi dalam 4 jenis, yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi dwiguna, dan asuransi jiwa unit link. Setiap jenis asuransi jiwa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli produk asuransi jiwa, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis-jenis asuransi jiwa.

Dengan melakukan riset, Anda akan lebih paham dan mengetahui jenis asuransi jiwa yang Anda butuhkan.

Itulah faktor-faktor yang harus diperhatikan saat membandingkan produk asuransi jiwa. Semoga menambah wawasan Anda yang ingin memiliki produk asuransi jiwa. (adv/pojoksatu)