Ini Dia 5 Jenis Absensi Karyawan, Mana yang Terbaik? Gunakan Software Attendance Management Solution

Software Attendance Management Solution by Mekari.
Software Attendance Management Solution by Mekari.

POJOKSATU.id – Absensi adalah salah satu kegiatan wajib untuk memonitoring kinerja karyawan dari waktu ke waktu. Perkembangan zaman membawa perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga pekerjaan kantor juga banyak terbantu dengan adanya teknologi ini, termasuk dalam masalah absensi kehadiran.


Ada banyak sekali model absensi karyawan perusahaan yang digunakan, mulai dari absensi yang masih manual sampai dengan software attendance management solution.

Penggunaan metode absensi ini tergantung dengan kebutuhan perusahaan, ada banyak sekali pertimbangan yang digunakan untuk memilih metode absensi.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absen Online Berbasis Web


Beberapa jenis metode absensi yang banyak digunakan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Absensi Manual

Absensi manual ini adalah jenis absensi yang sudah cukup banyak ditemui, metode pengecekan kehadiran dengan absensi manual ini cukup sederhana dan mudah pun tidak mengeluarkan banyak kocek untuk cara absensi seperti ini.

2. Absensi manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran

Absensi manual dilakukan dengan cara mengisi kehadiran dengan menuliskan tanda hadir misalnya tanda tangan karyawan yang bersangkutan.

Cukup mudah dan gampang ya? Hanya saja cara absensi seperti ini memiliki resiko melakukan kecurangan cukup besar, karena masih ada kesempatan untuk memalsukan tanda hadir ini.

Absensi manual di zaman modern ini juga sudah cukup langka di gunakan karena dianggap tidak cukup sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, karena di masa perkembangan teknologi yang sudah cukup pesat ini, diperlukan metode absensi yang cepat dan sederhana dalam pemrosesan datanya.

Jika dahulu absensi manual masih banyak ditemui di perusahaan kecil sampai ke atas, sekarang cara absensi seperti ini hampir tidak digunakan lagi di perusahaan.

Baca Juga : Tips Membuat Laporan Arus Kas Sederhana untuk UMKM dengan Aplikasi Laporan Keuangan

3. Absensi Almano

Jika absensi manual menggunakan pencatatan tanda kehadiran secara manual, absensi almano adalah absensi karyawan perusahaan yang menggunakan mesin almano atau banyak juga dikenal dengan mesin ceklok.

Cara menggunakan mesin almano ini adalah karyawan yang absen memasukkan kertas atau kartu yang sudah memiliki template untuk kemudian mesin almano akan mencetak jam kehadiran karyawan sesuai waktu real time.

Saat hadir dan pulang kerja, karyawan cukup memasukkan kartu absensi saja untuk mencetak waktu hadir dan pulang.

Cara absensi seperti ini juga memudahkan manajemen kantor untuk melakukan monitoring kehadiran kerja karyawan.

Jadi tinggal menggunakan data yang tercetak dalam kartu absen, data absensi karyawan bisa dilihat dengan lengkap.

Cara absensi menggunakan mesin almano ini dulunya sangat populer untuk menggantikan mesin absensi manual dengan pencatatan yang ribet. Untuk kemudian mesin almano ini juga kalah pamor dengan mesin absen yang lebih efisien lagi.

Hanya saja metode absen menggunakan almano ini memiliki beberapa kekurangan, karena proses absensi yang hanya menggunakan kartu saja, karyawan lain memiliki kemungkinan mengakses kartu dan mesin ini untuk memanipulasi waktu. Sehingga kecurangan bisa terjadi.

4. Absensi Fingerprint

Metode absensi yang juga cukup populer menggantikan kehadiran mesin almano adalah metode absensi fingerprint. Cara absensi ini cukup populer beberapa tahun belakangan karena dianggap teknologi terbaru dan kemungkinan terjadinya kecurangan juga kecil.

Metode absensi fingerprint ini menggunakan mesin fingerprint dimana mesin ini sudah merekam sidik jari masing-masing karyawan sehingga untuk proses absensi karyawan hanya perlu menscan sidik jari.

Perekaman awal sidik jari, umumnya menggunakan 2 jari yaitu ibu jari kanan dan telunjuk kiri, sehingga jika terjadi masalah saat absensi, bisa ganti menggunakan jari lain yang sudah terekam.

Metode fingerprint ini cukup populer karena memberikan data absensi karyawan secara real time dan menggunakan cara yang cukup pintar. Pun data absensi ini juga bisa dihubungkan di komputer, jadi pemantauan data absensi bisa dengan mudah dilakukan baik di layar desktop maupun dicetak.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik

Hanya saja, cara absensi ini juga memiliki kekurangan, walaupun memiliki tingkat kecurangan proses absen yang kecil namun absen menggunakan sidik jari juga bisa menimbulkan kendala ketika mesin absensi tak kunjung mengidentifikasi sidik jari dengan benar ketika proses absensi dilakukan.

Hal ini membuat karyawan memakan banyak waktu untuk mencocokan jari dan identifikasi dari mesin absensi. Hal ini kurang efisien karena waktu yang digunakan untuk absen semakin panjang.

Mesin sidik jari ini juga memerlukan perawatan tiap waktunya. Perawatan mesin absensi fingerprint ini juga dinilai membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun di masa pandemi seperti ini, penggunakan aplikasi absensi fingerprint dirasa tidak cocok karena dalam absensi fingerprint ini cenderung banyak mengakibatkan kerumunan atau antrian dalam proses absensi.

Pun absensi menggunakan fingerprint di masa pandemi ini cukup rawan karena penggunaan satu alat untuk banyak orang sehingga kekhawatiran untuk penyebaran virus cukup tinggi.

5. Software Attendance Management Solution

Metode absensi selanjutnya yang banyak digunakan untuk absensi adalah software attendance management solution.

Ini adalah metode absensi yang cukup populer di era digital. Menggunakan cara absensi yang cukup sederhana dan bisa diakses dengan jarak jauh secara mandiri.

Software attendance management for HR solution sekarang juga cukup marak digunakan karena fitur-fitur yang dimilikinya.

Aplikasi software attendance management for HR solution ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan karyawan dalam melakukan absen pun juga tim manajemen yang memantau absensi karyawan. Sehingga data absensi akan langsung terhubung dengan proses penghitungan gaji karyawan.

Tentunya software attendance management solution cukup membantu tim HRD untuk melakukan pemantauan kehadiran karyawan dengan mudah, semua data absen karyawan akan langsung terinput dengan baik di laporan data keseluruhan karyawan.

Baca Juga : HRD Wajib Tahu: Laporan Absensi Kehadiran Karyawan, Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Absensi, jumlah telat, jumlah izin atau alpha akan langsung terlihat dan otomatis tersambung dalam penghitungan gaji.

Selain cara pengoperasian yang mudah, aplikasi software attendance management for HR solution juga banyak digunakan di masa pandemi ini untuk mengurangi resiko penyebaran virus ketika bekerja di kantor.

Menggunakan aplikasi software attendance management for HR solution ini, proses absensi bisa dilakukan secara mandiri di perangkat masing-masing, sehingga absensi di kantor maupun di rumah ketika WFH bisa dilakukan dengan mudah.

Cara absensi menggunakan aplikasi software attendance management for HR solution ini menggunakan cara pendeteksi wajah atau selfie di masing-masing perangkat yang sudah terinstal software attendance management solution.

Sedangkan untuk biaya, software attendance management solution ini menggunakan biaya perbulannya yang harus dibayarkan kepada pemberi layanan.

Modal utama aplikasi ini bisa berjalan yaitu menggunakan aplikasi software attendance management for HR solution ini dengan internet sehingga sebelum melakukan absensi perangkat harus dipastikan terhubung dengan internet.

Ada banyak sekali metode absensi yang dilakukan untuk memonitoring kinerja karyawan untuk perusahaan.

Tentunya metode absensi ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang paling penting adalah fitur-fitur yang dimiliki teknik absensi bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menyelesaikan masalah absensi karyawan.

Metode absensi yang terbaru adalah penggunaan software attendance management solution, namun tentunya banyak pertimbangan menggunakan aplikasi absensi online ini.

Yuk tentukan metode absensi karyawan perusahaan yang cocok untuk perusahaan kamu, agar proses absensi bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

Baca Juga : Rekomendasi 10 Aplikasi Pembukuan Toko Terbaik untuk Bisnis yang Menguntungkan

Aplikasi Talenta by Mekari, Rekomendasi Software Attendance Management Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia.

Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.

Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal.

Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal.

Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com . Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.***