Mengenal Aplikasi Pencatatan Keuangan dan Manfaatnya

Mengenal Aplikasi Pencatatan Keuangan dan Manfaatnya Jurnal By Mekari
Mengenal Aplikasi Pencatatan Keuangan dan Manfaatnya Jurnal By Mekari

POJOKSATU.id – Dewasa ini, seluruh aktivitas perlahan bertransformasi ke dalam dunia digital, tidak terkecuali dalam hal manajemen finansial perusahaan. Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi pencatatan keuangan. Namun, kemudahan tersebut seringkali justru menciptakan kebingungan saat menentukan mana yang terbaik. Karena itu, sangat penting untuk memilih aplikasi pencatatan keuangan terbaik untuk melengkapi perjalanan bisnis Anda.


Pentingnya Aplikasi Pencatatan Keuangan

Mungkin, Anda masih bertanya-tanya, seberapa penting menggunakan software akuntansi dalam menjalankan suatu bisnis?

Jawabannya sederhana, software akuntansi akan memungkinkan Anda memenuhi keperluan berbagai macam laporan, mulai dari pajak, arus kas, penjualan, dan lain sebagainya secara otomatis sehingga relatif lebih mudah.


Hal itu akan berimbas pada terciptanya efektivitas dan efisiensi, di mana ujungnya mengantarkan sebuah perusahaan pada peningkatan produktivitas. Ucapkan selamat tinggal pada laporan keuangan bergaya manual dengan tingkat human error yang tinggi, sekaranglah waktunya untuk bertransformasi pada software daring seperti Jurnal by Mekari.

Kemudian, pengeluaran perusahaan dapat dikurangi karena aplikasi daring tak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Dengan kata lain, gaji untuk karyawan bisa Anda alokasikan untuk keperluan yang lebih esensial, seperti membeli stok barang.

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan

1. Jurnal by Mekari

Apakah Anda sedang kesulitan mengatur catatan keuangan bisnis? Sering kali dibuat pusing dengan laporan pembukuan yang ribet dan banyak formatnya?

Tak perlu khawatir, kini Jurnal by Mekari hadir untuk memberikan layanan perangkat lunak terlengkap dengan berbagai macam kemudahan di dalamnya. Apalagi, aplikasi ini tersedia secara online dan bisa diakses melalui perangkat dan sistem operasi mana pun, baik komputer maupun smartphone asalkan kekuatan sinyal dan paket data internet Anda mendukung.

Jurnal by Mekari menyediakan fitur uji coba gratis selama 14 hari sebelum Anda memutuskan ingin berlangganan atau tidak. Sejak pertama kali didirikan, software ini sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 tipe bisnis di Indonesia, baik skala kecil, menengah, hingga raksasa. Kabar baiknya, jika ingin berlangganan, Anda hanya perlu menyiapkan budget per bulannya sebesar Rp 199.000.

Sesungguhnya, apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatatan keuangan satu ini?

Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya. Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

2. QuickBooks Online

Ini adalah aplikasi pencatatan keuangan yang layak dipertimbangkan untuk bisnis berskala kecil dan menengah. Dilengkapi berbagai macam fitur akuntansi yang dapat diakses dengan mudah di satu dashboard utama, sehingga akan membuat pembukuan Anda semakin lancar serta efisien.

QuickBooks Online lazim dimanfaatkan oleh para profesional akuntansi. Beberapa kelebihannya yakni berbasis awan, didesain terintegrasi dengan aplikasi transaksi daring pihak ketiga, dan mendukung aksesibilitas lewat perangkat seluler serta website.

Hanya saja, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala agar dapat menikmati lebih banyak fitur. Selain itu, pengguna juga kerap mengalami masalah saat menyinkronkan rekening bank atau kartu kredit.

Dalam pemanfaatannya, pengguna punya kesempatan uji coba gratis selama 30 hari. Kemudian, Anda akan dikenai tarif berlangganan setiap bulan yang cukup bervariasi dengan kisaran US$25- 150. Tinggi atau rendahnya tarif menyesuaikan jenis paket yang dipilih di mana ada perbedaan dari segi kelengkapan fiturnya.

Beberapa fitur tersebut di antaranya mendukung skema pembayaran, tata kelola inventaris, peninjauan laporan anggaran, pengambilan gambar tanda terima, dan lain sebagainya.

3. FreshBooks

FreshBooks mampu menghadirkan lebih banyak penyesuaian dalam hal faktur daripada perangkat lunak akuntansi yang lain. Meski fungsi utamanya adalah mengirim, menerima, mencetak, dan membayar faktur, namun tetap bisa mengakomodir keperluan pembukuan dasar bisnis.

Inilah aplikasi pencatatan keuangan yang akan melancarkan pengelolaan bisnis Anda dengan memanfaatkan layanan cloud. Pengguna pun dimungkinkan untuk mengirim faktur dan proposal, mengumpulkan klien, menerima pembayaran, melacak waktu pengerjaan sebuah proyek, serta meminta setoran.

Beroperasi sejak tahun 2003 di Toronto, FreshBooks mulanya hanya diperuntukan sebagai perangkat lunak faktur. Seiring berjalannya waktu, kini telah ada lebih banyak fitur yang ditambahkan di bawah pengelolaan 500 karyawan. Tersedia empat paket yang dapat Anda pilih dengan tarif per bulan berada pada kisaran US$6-20.

4. Wave

Wave adalah aplikasi yang cukup ideal untuk bisnis berskala kecil berbasis penyediaan layanan tertentu, di mana pengguna dimungkinkan mengirim faktur sederhana serta tidak perlu melakukan pelacakan inventaris.

Terutama untuk banyak pekerja lepas atau agensi bisnis berbasis penyediaan layanan tertentu, fitur gratis Wave siap mengakomodir berbagai keperluan terkait akuntansi, seperti laporan pajak tahunan, pencatatan riwayat pemasukan dan pengeluaran, tanda terima pembayaran, hingga pembuatan faktur pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, pembuatan faktur, dan tanda terima pemindaian,

Jika ingin berlangganan aplikasi pencatatan keuangan ini, Anda perlu menyediakan budget berkisar US$20-35 setiap bulannya.

5. Xero

Xero menawarkan kesederhanaan bagi penggunanya. Perangkat lunak ini memiliki user interface yang rapi, serta terintegrasi penuh dengan layanan transaksi online pihak ketiga. Di sini, Anda bisa memperoleh layanan kemudahan mencatat tagihan, faktur, dan transaksi tanpa batas.

Aplikasi akuntansi satu ini dibangun sejak tahun 2006 di Selandia Baru dan sampai sekarang telah dimanfaatkan lebih dari dua juta pengguna di seluruh dunia, terutama mencapai popularitas tertinggi di Australia, Selandia Baru, dan Inggris. Karyawan Xero berjumlah sekitar 3.000 orang dan mulai mengalami perkembangan pesat di Amerika Serikat.

Selain kredibilitas yang baik, Xero juga menghadirkan tarif berlangganan yang bervariasi setelah uji coba gratis selama 30 hari dan diskon untuk dua bulan pertama senilai 50%. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menyediakan budget sekitar US$11-62 setiap bulannya.

Dari sekian banyaknya aplikasi pencatatan keuangan, Jurnal by Mekari adalah yang paling tepat untuk pelaku usaha di Indonesia. Dapatkan paket lengkap alat bantu membuat laporan keuangan dan inventaris terbaik di halaman situsnya langsung.(*)