5 Sepeda Buatan Indonesia yang Gak Kalah dari Merek Luar Negeri

Ilustrasi Sepeda. Foto:Ist.
Ilustrasi Sepeda. Foto:Ist.

POJOKSATU.id — Pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menggelar uji coba pesepeda road bike menggunakan jalur kendaraan bermotor di Jalan Sudirman-Thamrin pada hari ini.


Uji coba lintasan road bike di Jalan Sudirman-Thamrin berlaku selama 1,5 jam mulai 05.00-06.30 WIB. Tren bersepeda sepertinya tak pernah surut bahkan di berbagai kota.

Berikut ini 5 merek sepeda lokal yang bisa jadi pilihanmu dan harganya bersaing:

1. Polygon

Polygon termasuk dalam merek sepeda tertua di Indonesia yang didirikan oleh PT Insera Sena sejak 1989 dan berpusat di Buduran Sidoarjo. Sepeda memiliki harga bervariasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta.

Sepeda termahal Polygon adalah sepeda Downhill Xquarone EX9 yang mencapat Rp102 juta. Polygon terlah melakukan distribusi di 32 negara dan memiliki 650 otlet resmi yang tersebar di seluruh dunia.

2. United 

Merek sepeda United mulai diproduksi pada tahun 1991 oleh PT Terang Dunia Internusa yang terletak di kawasan Gunung Putri dan Citeureup Bogor. Belakangan ini United mulai banyak mengembangkan sepeda listrik, seperti E-Trifold, dan juga sepeda gravel yang modern yaitu United Gravriil.

Merek ini cukup digemari lantaran memiliki varian sepeda seperti sepeda gunung, road bike, BMX, sepeda lipat hingga sepeda touring dan sepeda anak.

3. Pacific

Merek sepeda Pacific merupakan merek sepeda lokal di bawah naungan PT Roda Pasifik Mandiri dan berpusat di Semarang, Jawa Tengah sejak tahun 1995.

Awalnya Pasific hanya fokus pada sepeda anak, kini Pasific mulai masuk ke sepeda gunung, BMX, sepeda balap, dan sepeda lipat. Beberapa merek sepeda lain yang masih satu grup dengan Pasific adalah Exotic, Turanza, dan Aviator.

4. Wimcycle

Wimcycle merupakan merek legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1972. Awalnya PT Wijaya Indonesia Makmur (Wimcycle) hanya memproduksi spare part sepeda yang juga di eksport ke luar negeri untuk merek-merek Lokie, Sparta, Mangoose, Kawasaki, dan lain-lain. 

Sampai akhirnya memutuskan untuk membuat sepeda sendiri. Wimcycle terkenal dengan dua produk unggulan sepeda gunungnya yakni seri Adrenaline Agent, dan seri Thrill Agent.

5. Element 

Merek Element berada di bawah naungan PT Roda Maju Bahagia dan berasal dari Kendal, Jawa Tengah, sejak 2016. Produk sepeda Element meliputi sepeda gunung (MTB), police bike, hingga road bike. 

PT Roda Maju Bahagia ini memproduksi Element dengan beragam merek lain, sepeerti Police, RMD, dan Alton. Selain itu Element juga mempunyai lisensi, dan berkolaborasi untuk memproduksi sepeda luar terbaik, seperti Champ, FolfZ, dan Dahon.

(pojoksatu)

Loading...