Sentimen Positif Pencarian Tanah di Tangerang Sepanjang 2020

Lahan Kavling di Kota Mandiri Tangerang Masih Diminati.
Lahan Kavling di Kota Mandiri Tangerang Masih Diminati.

POJOKSATU.id – Kawasan Tangerang telah lama dikenal sebagai kawasan yang menyediakan berbagai jenis properti untuk dimiliki masyarakat. Mulai dari rumah, unit apartemen, properti komersial, hingga tanah pun tidak pernah henti ditawarkan kepada para konsumen setiap tahunnya.


Sepanjang tahun 2020, portal properti Lamudi.co.id mencatat terdapat 552.459 pencarian segala macam properti di Tangerang via daring.

Novriyadi, Head of Property Research Lamudi.co.id mengungkapkan, sektor hunian masih mendominasi dibandingkan sektor komersial dan tanah, mengingat suplai hunian primer murah yang terus berlangsung di tiap tahunnya.

Menelisik lebih dalam data pencarian properti via daring masyarakat selama 2020 di Tangerang, Novri mengungkapkan terdapat sentimen positif dari pencarian sektor tanah dijual di Tangerang.

Sebesar 89.603 pencarian tanah tercatat serta memiliki porsi 16 persen dari total pencarian seluruh jenis properti di Tangerang via daring pada 2020. Porsi ini disebutkan meningkat hingga 30 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Melihat porsi persentase pencarian tanah dijual tersebut membuktikan bahwa tanah masih menjadi aset properti penting yang masih diincar oleh sebagian masyarakat’, imbuh Novri.

Novri mengemukakan pencarian tanah di Tangerang lebih banyak dilatarbelakangi oleh spesifikasi harga. Mayoritas harga tanah dijual di Tangerang di bawah 200 juta hingga mencapai 500 juta.

Lahan Kavling di Kota Mandiri Masih Diminati

Novri menyebutkan lahan kavling menjadi salah satu tipe tanah dijual di Tangerang yang tergolong masih dicari sebagian masyarakat. Hal tersebut dikarenakan ketersediaannya yang masih tergolong besar

Bicara tentang preferensi lokasi, mayoritas lahan kavling berlokasi di kawasan perumahan berkonsep kota mandiri. Sebut saja lahan kavling di BSD City, Summarecon Serpong, Lippo Karawaci, dan sebagainya.

‘Kawasan-kawasan kota mandiri seperti BSD City, Summarecon Serpong, Lippo Karawaci, dan sebagainya diketahui masih banyak menyediakan lahan kavling ke pasar jual beli properti.’, tambah Novri.

Melihat minat pencarian lahan kavling seperti kavling di BSD City dan sebagainya sebelumnya, Novri berasumsi masyarakat pencari properti mayoritas merupakan golongan investor properti menengah ke atas yang memiliki rencana pengembangan sektor properti komersial maupun perkantoran.

(adv/dia/pojoksatu)

Loading...