KAI Sebut Tarif KA Jarak Jauh Mulai Rp 49 Ribu

penumpang kereta - imlek
Ilustrasi/foto via Jawapos

POJOKSATU.id, JAKARTA – Untuk melayani masyarakat yang akan bepergian ke berbagai kota, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali menjalankan beberapa kereta api (KA). Tentunya dengan penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat.


Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menuturkan, tarif KA yang dioperasikan kali ini sangat terjangkau.

“Seperti KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tarif mulai dari Rp 49.000 dan KA dari Stasiun Gambir tarif mulai dari Rp 85.000,” katanya.

Eva menuturkan, terdapat 19 KA jarak jauh yang diberangkatkan dari area Daop 1 Jakarta. Rinciannya, 9 kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir, 9 kereta dari Stasiun Pasar Senen, dan 1 kereta dari Stasiun Jakarta Kota.


Adapun tujuan kereta tersebut di antaranya ke Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Tegal, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Blitar, dan Malang.

Disampaikan, sebanyak 19 KA yang dioperasikan saat ini merupakan penyesuaian perjalanan kereta pada masa Covid-19.

Pada saat normal terdapat hingga 71 perjalanan kereta per hari, terdiri dari 37 dari Stasiun Gambir, 27 dari Stasiun Pasar Senen, 3 dari Stasiun Jakarta Kota, dan 4 kereta tambahan yang dijalankan pada weekend.

Sementara itu, terkait pemesanan tiket, masyarakat dapat melakukan transaksi melalui sistem online yakni aplikasi KAI Access atau agen penjualan tiket resmi lain yang telah bekerja sama dengan PT KAI. Pemesanan tiket paling cepat baru dapat dilakukan tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan atau H-7.

Untuk pembelian tiket di loket hanya dilayani untuk sistem go show yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA di stasiun terkait.

Lebih lanjut, pihaknya tetap konsisten menjalankan prosedur pencegahan Covid-19 dalam setiap operasional kereta, salah satunya pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal. Selain itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan kereta.

(jpc/pojoksatu)