Pergerakan Pasar Saham Awal Pekan Ini Dibuka Hijau

Ilustrasi. (Foto : Jawa Pos)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Meskipun ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibukota DKI Jakarta, pergerakan pasar saham Indonesia pada awal perdagangan pekan ini dibuka hijau.


Tercatat, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pukul 10.06, naik 2,46 persen ke level 5.140,1.

Awal perdagangan pagi ini, disambut 229 saham menguat dan 41 saham melemah. Sedangkan 107 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 753,8 miliar dengan volume 751,9 juta saham.

Penerapan PSBB total di Jakarta, dikatakan Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee menjadi perhatian pelaku pasar.


Disampaikan, pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Rabu 9 September 2020 malam tentang penerapan PSBB total mulai 14 September 2020 menjadi sentimen negatif bagi pasar.

“Pelaku pasar lebih baik melakukan penjualan lebih dahulu ketika pasar menguat untuk mengantisipasi dampak negative penerapan PSBB total pada perekonomian,” katanya.

Pelaku pasar akan mencermati perkembangan penerapan PSBB total dan bila terjadi secara ketat diperkirakan akan menganggu pemulihan ekonomi yang sedang terjadi.

“Bila dana asing masih mengalir keluar dan nilai tukar Rupiah masih melemah pelaku pasar perlu berhati-hati akan peluang koreksi lebih dalam,” ucapnya.

(jpc/pojoksatu)