Erick Thohir Optimistis SDA Indonesia Mampu Meningkatkan Ekonomi

Menteri BUMN Erick Thohir.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sumber daya alam (SDA) Indonesia mampu untuk meningkatkan ekonomi di tengah krisis pandemi Covid-19.


Hal ini dikatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Meski begitu, kata dia, masih ada kendala.

“Kita ini sudah berkali-kali diuntungkan dengan cycle ekonomi, dulu minyak, kayu, batubara, kelapa sawit sekarang EV (electric vehicle) battery melalui nikel. Jadi sangat kaya, kekurangan kita itu harus mengupgrade logsitik supply chain kita, digitalisasi itu juga namanya logistik,” paparnya.


Karena itu, pihaknya yakin ekonomi Indonesia akan tumbuh kembali, di mana saat ini pergerakan perekonomian pun telah mulai kembali dibuka.

Lebih lanjut dikatakan Erick, sudah ada negara yang memiliki potensi menyerap barang yang diproduksi oleh Indonesia. Yakni Tiongkok dan India.

“Karena itu kita harus menggarap industri daripada maritim. Akselerasi SDA itu harus menjadi value added batubara dengan gasification menjadi DME (dimethyl ether) untuk mengganti impor LPG yang makin meningkat, itu adalah sebuah keberpihakan yang harus dilaksanakan,” jelasnya.

Disampaikan, dibandingkan di luar negeri, pasar domestik lebih banyak karena melimpahnya populasi di Indonesia. Salah satunya melalui potensi pengembangan pariwisata.

“Wisata lokal menjadi fokus pengembangan dan tidak salah kita harus bersatu, daripada mengeluarkan di luar negeri, mending di dalam negeri, alam dan produk kita juga tidak kalah dengan kualitas yang lain. Kita juga membangun infrastruktur di Bali, Toba dan Borobudur, kita juga akan lakukan di Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, (wisata) itu akan menjadi prioritas bangsa kita,” paparnya.

Adapun untuk pengembangan kawasan industri, Indonesia juga sedang meningkatkannya. Jadi, jika ada investasi dalam negeri dan luar negeri, pengurusan izin hingga pembebasan lahan pun akan dipermudah.

(jpc/pojoksatu)